Gubernur Yakini Kundur Segera jadi Kabupaten Baru

Gubernur Yakini Kundur Segera jadi Kabupaten Baru
Gubernur Yakini Kundur Segera jadi Kabupaten Baru

jpnn.com - GUBERNUR Kepri, Muhammad Sani optimis Kabupaten Kepulauan Kundur akan menjadi salah satu daerah otonom baru (DOB) yang akan disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 25 September mendatang. Dia juga akan mempelajari lebih detail mengenai mekanisme pengangkatan penjabat Bupati Kepulauan Kundur nantinya.

”Memang dari usulan 65 DOB, tersisa 32 DOB. Kabupaten Kepulauan Kundur termasuk satu di dalamnya. Menurut kajian, Kundur merupakan daerah yang layak dimekarkan. Itulah sebabnya, saya optimis Kundur jadi DOB,” ujar Gubernur Kepri, Muhammad Sani dilansir Batam Pos (JPNN Grup), Kamis (18/9).

Apakah ia sudah mengantongi nama-nama penjabat Bupati Kepulauan Kundur?  Sani menjawab akan mempelajari tentang peraturan penunjukan penjabat itu nanti. Sehingga, sampai saat ini ia belum bisa menentukan komposisi mengisi kepemimpinan sementara Kabupaten Kepulauan Kundur.

”Siapa saja boleh menjadi penjabat bupati, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Kalau kami tunjuk Abdul Malik yang sebentar lagi akan pensiun sebagai penjabat-nya. Seandainya penjabat tidak boleh mencalonkan diri, kan rugi nantinya,” ujar mantan Bupati Karimun tersebut.

Terlepas dari semua itu, tentu yang diharapkan Kundur adalah menjadi kabupaten. Ke depannya bisa lebih maju lagi dalam segi perekonomian. Dengan begitu, baik Pemerintah Induk dan Pemerintah Provinsi akan mendukung dalam kemajuan kabupaten baru tersebut.

”Tentu yang kita harapkan Kundur bisa lebih maju ke depannya,” tutup Sani.

Sebelumnya, Asisten I Pemprov Kepri yang membidangi Pemerintahan dan Kesra, Reni Yusneli mengatakan, pemekeran Kabupaten Kepulauan Kundur sebagai DOB sebelum diputuskan DPR RI dalam sidang paripurna.

”Kemarin (Senin, red) rombongan Komite I DPD RI langsung melakukan tinjauan fisik ke Kundur. Setelah mendengar apa yang kita paparkan dan melihat langsung kondisi lapangan, secara lisan sangat setuju Kundur menjadi kabupaten,” ungkap Reni.

GUBERNUR Kepri, Muhammad Sani optimis Kabupaten Kepulauan Kundur akan menjadi salah satu daerah otonom baru (DOB) yang akan disahkan dalam sidang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News