Dukung Pilkada Langsung, PD Bidik Investasi Pemilu 2019

Dukung Pilkada Langsung, PD Bidik Investasi Pemilu 2019
Dukung Pilkada Langsung, PD Bidik Investasi Pemilu 2019

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat (PD) sudah resmi menegaskan mendukung opsi pilkada langsung. Tudingan miring maupun acungan jempol didapatkan Demokrat usai menyatakan sikap, yang otomatis membuat partai besutan Susilo Bambang Yudhotono itu keluar dari kebersamaan ide dengan Koalisi Merah Putih. 

Dari Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Profesor Maswadi Rauf menilai, sikap Demokrat mendukung pilkada langsung belum bisa dinilai sebagai niat PD mendekati kubu (calon) penguasa. "Tuntutan masyarakat untuk pemilihan langsung begitu besar. SBY sebagai presiden merasakan itu, sehingga meminta partainya untuk mengubah sikap. Karena SBY yang berbicara, sudah pasti dipenuhi Demokrat," kata Maswadi, Rabu (17/9) malam.

Maswadi melihat, motif utama dari Demokrat sebenarnya bukan untuk mendekati Joko Widodo-Jusuf Kalla. Yang diinginkan Demokrat adalah simpati rakyat. Dengan sikap ini, maka publik yang mendukung Pilkada langsung akan bersimpati pada Demokrat. "Jadi, ada investasi juga untuk kepentingan 2019," tandasnya.

Sebelumnya, ketegasan sikap Demokrat mendukung pilkada langsung dinyatakan Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Rabu (17/9) malam. "Terkait polemik RUU Pilkada, Partai Demokrat setuju dengan napas reformasi dan pematangan demokrasi.  Intinya harus sejalan dengan pemikiran rakyat termasuk aspirasi kepala-kepala daerah yang menginginkan hak politik warga negara RI tidak boleh dipangkas," ujar Ibas.

Namun demikian Ibas mengingatkan bahwa perlu ada perbaikan-perbaikan dalam pasal RUU Pilkada yang berpotensi merusak demokrasi. "Hanya saja PD memandang perlu perbaikan-perbaikan secara terinci terkait pasal-pasal yang berpotensi menimbulkan ekses terhadap pilkada langsung tersebut," tambahnya.

Ibas juga mengajak seluruh pihak yang peduli dengan kemajuan demokrasi Indonesia untuk melihat secara jernih dan berorientasi pada kemajuan dan upaya pendewasaan berdemokrasi di Indonesia. "Mari kita berfikir jernih, melangkah ke depan dengan tekad untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistim demokrasi kita," ujarnya.

"Intinya, Partai Demokrat yang lahir dari roh demokrasi akan terus berkontribusi secara konkrit menjaga demokrasi senantiasa berada di arah yang benar sesuai dasar negara kita. Pak SBY dipilih secara langsung oleh rakyat untuk memimpin juga merupakan produk demokrasi kita yang kian berkembang positif," pungkas Ibas. (rmo/adk/jpnn)


JAKARTA - Partai Demokrat (PD) sudah resmi menegaskan mendukung opsi pilkada langsung. Tudingan miring maupun acungan jempol didapatkan Demokrat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News