Sebelum Lengser, Presiden Kunjungi Tiga Negara

Sebelum Lengser, Presiden Kunjungi Tiga Negara
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Foto: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Di penghujung pemerintahannya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, beserta sejumlah delegasi  melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa negara. Di antaranya Portugal, Amerika Serikat, dan Jepang.

Kunjungan pertama Presiden ke Lisabon, Portugal dilakukan pada  18-20 September 2014. Kunjungan ke Portugal ini merupakan yang kedua kalinya yang dilakukan seorang Presiden RI, setelah sebelumnya pada tahun 1960, Presiden Soekarno berkunjung ke negara tersebut.

"Kunjungan saya juga untuk tingkatkan kerja sama bilateral termasuk kerja sama ekonomi," ujar Presiden sebelum berangkat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis, (19/9).

Kunjungan kenegaraan ini juga merupakan kunjungan balasan atas undangan Presiden Portugal Cavaco da Silva, yang disampaikan saat pertemuan bilateral dengan Presiden Yudhoyono di Jakarta pada Mei 2012.

Selama di Lisabon, Presiden RI dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral, antara lain dengan Presiden Cavaco Silva, Perdana Menteri Pedro Passos Coelho, dan Ketua Parlemen Assunção Esteves.

Pertemuan bilateral akan digunakan untuk mendorong kerjasama di tiga bidang prioritas, yaitu ekonomi, people-to-people contacts, dan peningkatan konektivitas. Dalam kunjungan tersebut akan ditanda-tangani perjanjian bilateral di bidang energi dan sumber daya mineral.

Selain itu, Presiden RI juga dijadwalkan akan menerima "kunci emas" kota Lisabon dari Walikota Lisabon. Penyerahan kunci ini merupakan simbol penyampaian kepercayaan masyarakat kota Lisbon kepada masyarakat Indonesia.

Kemudian, Presiden RI beserta Ibu Negara dan delegasi akan melanjutkan rangkaian kunjungan dengan bertolak ke New York pada 20 September 2014. Agenda utama kunjungan Presiden RI ke New York adalah menghadiri Sidang Majelis Umum PBB Ke-69.

JAKARTA - Di penghujung pemerintahannya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, beserta sejumlah delegasi 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News