Delapan Ruko Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 M

Delapan Ruko Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 M
Delapan Ruko Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 M

jpnn.com - CIREBON - Delapan rumah tokoh (ruko) di Jl Ciremai Raya RW 02 Kp Larangan Utara, Kelurahan Kecapi, Kota Cirebon, terbakar, Kamis (18/9) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar.

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon (JPNN Grup), api diketahui pertama kali sekitar pukul 07.45 WIB. Saat itu, warga yang berada di sekitar TKP melihat kepulan asap dari ruko ketiga yakni ruko Jaya Sentosa milik Anwar yang menjual kelengkapan alat-alat listrik.

Hembusan angin dan cuaca yang kering disertai banyaknya bahan-bahan mudah terbakar di dalam ruko Jaya Sentosa, membuat api cepat merambat ke bangunan ruko lainnya yang saling berdempetan.Jajaran Polres Cirebon Kota dan Dishub Kota Cirebon bahkan harus memblokir dua jalur yang melintas di depan TKP untuk mempercepat akses mobil pemadam dan mensterilkan arena kebakaran.

Tak kurang dari enam mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari empat milik Kota Cirebon, satu dari kabupaten, dan satu mobil milik PT Arida dikerahkan untuk memadamkan api. Bahkan enam mobil tersebut harus bolak-balik mengisi ulang air karena api yang tak kunjung padam.

Untuk mencegah melebarnya kebakaran, petugas PLN buru-buru memutus aliran listrik dan untuk sementara mematikan aliran yang mengaliri sepanjang ruko yang terbakar.

Salah seorang karyawan fotocopi, Hengki (27) harus dievakuasi karena pingsan akibat kekurangan oksigen. Yang bersangkutan merupakan karyawan ruko fotocopi nekat masuk melalui jendela samping kiri bangunan dan memadamkan api menggunakan selang dari keran air ruko di lantai dua bangunan. Beruntung korban cepat ditangani petugas dan segera dilarikan ke RS terdekat.

Baru sekitar pukul 11.00 WIB, api bisa dipadamkan. Namun demikian, sejumlah petugas dari pemadam kebakaran berjaga di tempat kejadian mengantisipasi adanya bara yang belum mati dibawa tumpukan barang. Setelah dipastikan steril, petugas inafis dari Polres Cirebon Kota kemudian melakukan olah TKP dan memasang garis polisi di lokasi kejadian. Petugas pun kemudian mengambil beberapa sampel yang nantinya akan digunakan untuk mencari penyebab kebakaran.

Muslikh (29) warga sekitar mengatakan, saat itu dirinya sedang berada di depan halte yang letaknya persis di depan ruko No 3. Saat itu, kondisi ruko dalam keadaan tutup. Ia melihat api dari atap bangunan dan langsung dipenuhi dengan asap hitam pekat. Ia kemudian langsung memberitahu warga yang lain karena ruko-ruko tersebut belum ada satupun yang buka.

CIREBON - Delapan rumah tokoh (ruko) di Jl Ciremai Raya RW 02 Kp Larangan Utara, Kelurahan Kecapi, Kota Cirebon, terbakar, Kamis (18/9) pagi. Tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News