Contra Flow Tol Cawang Arah Grogol Dihentikan

Contra Flow Tol Cawang Arah Grogol Dihentikan
Contra Flow Tol Cawang Arah Grogol Dihentikan

jpnn.com - UJI coba sistem lawan arah atau contra flow di ruas Tol Cawang arah Grogol dihentikan Kepolisian. Kebijakan itu dihentikan setelah mulai dioperasikannya Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Ulujami-Bintaro.

Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, saat ini regulasi contra flow di kawasan Cawang-Grogol yang berada di ruas tol dalam kota (Jakarta inner ring road), tidak diberlakukan sejak Senin (15/9) lalu. Karena JORR Ulujami sudah bisa difungsikan.

Budiyanto mengungkapkan bahwa peniadaan contraf low di jalur tersebut diharapkan mampu mengurangi kepadatan kendaraan. Pasalnya sebelum JORR Ulujami-Bintaro difungsikan, banyak truk dari arah Tanjung Priok, Cikarang, maupun Bogor, Jawa Barat, yang memanfaatkan ruas tol dalam kota untuk menuju Bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Merak.

"Sekarang ini JORR Ulujami sudah jadi, sehingga kendaraan dari arah Karang Tengah, Ulujami, TB Simatupang, disarankan masuk JORR itu untuk menuju Tanjung Priok maupun Cikampek, demikian sebaliknya," harapnya.

Sedangkan Ditlantas Polda Metro Jaya telah memberlakukan jam operasional truk dan angkutan berat di ruas tol dalam kota, yaitu mulai pukul 22.00-05.00 WIB. Namun tetap saja banyak pengemudi truk yang bandel dan nekat melintas di luar kebijakan yang ditentukan.

Kondisi tersebut sudah pasti menjadi penyebab kemacetan di jalur bebas hambatan. Pengoperasian JORR Ulujami-Bintaro diharapkan mampu mengurangi beban jalan, sehingga hanya kendaraan pribadi saja yang boleh melintas di ruas tol dalam kota.

"JORR Ulujami berfungsi mengurangi kepadatan kendaraan yang mengarah ke Tomang, atau Tangerang, dan Tanjung Priuk. Kita tidak menginginkan kendaraan terjebak di tol dalam kota karena imbasnya bisa sampai jalur arteri," tegasnya.

Pantauan INDOPOS (JPNN Grup), sejak pemberlakuan JORR Ulujami, kemacetan di ruas tol dalam kota sudah mulai berkurang. Namun macet yang biasanya terjadi di tol dalam kota justru berpindah ke JORR Ulujami-Bintaro. Kondisi itu terlihat di persimpangan tujuan Cawang, antara kendaraan dari arah Serpong dengan kendaraan dari bandara.

UJI coba sistem lawan arah atau contra flow di ruas Tol Cawang arah Grogol dihentikan Kepolisian. Kebijakan itu dihentikan setelah mulai dioperasikannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News