DKI Hibahkan Truk Sampah ke Pemkot Bekasi

DKI Hibahkan Truk Sampah ke Pemkot Bekasi
DKI Hibahkan Truk Sampah ke Pemkot Bekasi

jpnn.com - BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyediakan empat kecamatan untuk menampung truk sampah yang dihibahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Keempat kecamatan itu adalah Kecamatan Bantargebang, Mustikajaya, Jatisampurna dan Rawalumbu.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, bantuan truk DKI Jakarta ini sifatnya hibah karenaPemprov DKI Jakarta bakal menghapus keberadaan truk-truk yang tak layak jalan sejauh 40 kilometer. ”Truk-truk itu sudah tak mampu menempuh perjalanan dari DKI Jakarta sampai Kota Bekasi,” katanya kepada INDOPOS, Jumat (19/9).

Rahmat menambahkan, di Kota Bekasi hanya ada empat kecamatan yang dekat dengan lokasi pembuangan sampah Sumur Batu. Yakni Kecamatan Bantargebang, Mustikajaya, Jatiasampurna dan Rawalumbu. ”Hanya sekitar 10 kilometer perjalanan bisa sampai ke lokasi pembuangan TPA ,” ujarnya.

Namun, untuk kecamatan seperti Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi Utara, dan Medan Satria, kata Rahmat akan dibelikan kendaraan baru. Hal itu disebabkan, lokasi kecamatan cukup jauh menuju lokasi pembuangan. ”Kalau daerah yang jauh kami belikan yang baru,” jelasnya.

Rahmat mengaku, dengan merekondisi seluruh truk sampah yang dihibahkan ke Kota Bekasi sangat membantu sekali. Karena, dengan begitu, ada efisiensi anggaran untuk pembelian kendaraan truk sampah baru.  ”Dari pada beli (Satu unit) truk besar bisa makan anggaran Rp 500 juta sampai Rp 600 juta,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Hani Syswadi mengatakan, pihaknya saat ini hanya memilik sekitar 144 armada truk sampah, sedangkan yang beroperasi 142 armada. Sisanya, kondisi kendaraan sudah tidak layak jalan. ”Idealnya sekitar 200 sampai 240 armada, tapi sesuai kebutuhan, dibutuhkan sekitar 50-an armada lagi,” ujarnya.

Hani menambahkan, kekurangan armada sampah tersebut menyebabkan timbulnya tempat pembuangan sampah liar di lingkungan, karena sampah tak terangkut. Dia mengatakan, produksi sampah warga Kota Bekasi setiap hari mencapai 1.500 ton, tapi yang dapat diangkut hanya sekitar 800 ton. ”Ada tambahan truk sampah, sangat membantu,” paparnya.

Pemberian bantuan truk sampah milik DKI Jakarta ke Kota Bekasi ini bagian dari kerjasama antara daerah penyangga. Sebelumnya, daerah seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Tangerang mendapat bantuan setiap tahun Rp 100 miliar. (dny)


BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyediakan empat kecamatan untuk menampung truk sampah yang dihibahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News