Netizen di Indonesia Makin Dominan

Netizen di Indonesia Makin Dominan
Netizen di Indonesia Makin Dominan

jpnn.com - BADUNG - Pesatnya pertumbuhan pengguna internet (netizen) di Indonesia membuat pengaruh internet kian meluas. Selain bisnis dan ekonomi, peran internet juga makin dominan dalam bidang politik.

Country Head Facebook Indonesia Anand Tilak mengatakan, selama periode Pemilu dan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 di Indonesia, pihaknya mencatat ada 200 juta interaksi di Facebook terkait Pemilu.

"Dari jumlah tersebut, sekitar 70 persennya dilakukan anak muda usia di bawah 34 tahun," ujarnya saat menjadi pembicara dalam Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014 di Nusa Dua, Bali, kemarin (19/9).

Menurut Anand, melonjaknya interaksi Facebook selama momen politik seperti itu tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga sudah menjadi tren di berbagai negara lain dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat, seperti India serta negara-negara di kawasan Timur Tengah dan Asia.

"Media internet ini yang diyakini menjadi game changer (pengubah hasil pertandingan) Pemilu," katanya di hadapan 700 lebih insan media dan periklanan yang hadir dalam APMF 2014.

Membanjirnya interaksi via jejaring media sosial juga terjadi saat perhelatan Piala Dunia di Brasil pertengahan tahun ini. Anand menyebut, pembicaraan terkait sepakbola saat Piala Dunia oleh pengguna Facebook di Indonesia merupakan yang tertinggi ke-3 di dunia.

"Indonesia hanya kalah oleh Brasil sebagai tuan rumah dan Amerika Serikat (AS)," ucapnya.

Anand menyebut, membanjirnya interaksi via media sosial juga terjadi di Indonesia pada saat siaran langsung pertandingan-pertandingan sepakbola seperti Liga Primer Inggris dan Liga Spanyol.

BADUNG - Pesatnya pertumbuhan pengguna internet (netizen) di Indonesia membuat pengaruh internet kian meluas. Selain bisnis dan ekonomi, peran internet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News