Kalbar Bakal Dipecah jadi 3 Provinsi

Kalbar Bakal Dipecah jadi 3 Provinsi
Kalbar Bakal Dipecah jadi 3 Provinsi

jpnn.com - PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya menyatakan Provinsi Kalbar direncanakan dimekarkan menjadi tiga provinsi hingga tahun 2025. Grand strategi pemekaran wilayah telah disampaikan kepada Komisi II DPR RI.

"Kami sudah menyerahkan grand strateginya. Pembahasan grand strategi juga sudah dilakukan," ujar Christiandy dalam rapat koordinasi tim penanggulangan kemiskinan Provinsi Kalbar di Hotel Kapuas Palace dilansir Pontianak Post (JPNN Grup), Sabtu (20/9).

Menurut Christiandy, grand strategi itu dibuat bersama akademisi Universitas Tanjungpura. Untuk memekarkan wilayah tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Ada juga proses yang harus dilalui.

Ia pun meminta semua pihak bersabar. "Makanya (untuk memekarkan Provinsi Kalbar) harus dimekarkan dulu kabupatennya," ungkap Christiandy.

Christiandy menjelaskan untuk mekar menjadi tiga provinsi, harus ada 25 kabupaten dan kota dulu di Kalbar. “Jadi itu prosesnya," katanya.

Ia menambahkan dirinya bersama Biro Pemerintahan yang menyerahkan langsung grand strategi itu. Pembahasan grand strategi pemekaran Provinsi Kalbar telah dilakukan di Makassar. "Saya juga ikut pembahasannya," katanya. (uni)


PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya menyatakan Provinsi Kalbar direncanakan dimekarkan menjadi tiga provinsi hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News