Lifter Korea Utara Pecahkan Rekor Dunia

Lifter Korea Utara Pecahkan Rekor Dunia
Gaya lifter Korea Utara, Om Yun-chol usai memecahkan rekor dunia di ajang Asian Games 2014. Foto: Roslan Rahman/AFP

jpnn.com - INCHEON - Lifter asal Korea Utara, Om Yun-chol berhasil mempersembahkan medali emas pertama buat negaranya dalam ajang Asian Games 2014. Tak hanya sekeping emas, Om juga memecahkan rekor dunia, dan itu dilakukan di negeri yang punya hubungan tak harmonis dengan bangsanya.

Om yang turun di kelas 56 kg, mencatatkan rekor dunia angkatan clean and jerk, atas namanya sendiri. Sebelumnya, Om memegang rekor angkatan 169 kg. Dan di Moonlight Festival Garden, Sabtu (20/9), Om berhasil mengangkat beban dengan clean and jerk seberat 170 kg. Total angkatan Om seberat 298 kg, usai sukses melakukan angkatan snatch seberat 128 kg.

"Yang ada dalam pikiran saya adalah Kim Jong-un (pemimpin Korea Utara), karena saya sudah berjanji ingin melakukan yang terbaik untuk negara," kata Om, seperti dilansir dari situs resmi Asian Games 2014.

Ini adalah emas pertama Om di Asian Games, meski namanya sudah sangat berkibar dengan torehan emas Olimpiade 2012 dan juara dunia 2013. "Saya sangat percaya diri bisa terbaik di clean and jerk ini. Saya masih ingin memecahkan rekor jika masih diberi kesempatan," katanya.

Untuk perak di nomor ini diraih lifter Vietnam, Thach Kim Tuan. Sementara atlet Tiongkok, Wu Jingbiao meraih perunggu. (adk/jpnn)


INCHEON - Lifter asal Korea Utara, Om Yun-chol berhasil mempersembahkan medali emas pertama buat negaranya dalam ajang Asian Games 2014. Tak hanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News