Nafsiah: Siapapun Menkes, Alzheimer Wajib Dicegah

Nafsiah: Siapapun Menkes, Alzheimer Wajib Dicegah
Nafsiah Mboi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Peringatan hari Alzheimer sedunia dirayakan dalam acara Car Free Day, Minggu (21/9). Dalam kegiatan itu hadir Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan ratusan lansia. Nafsiah memimpin para lansia melakukan jalan santai sekitar pukul 07.15 WIB. 

Jalur yang ditempuh Menara BCA sampai Bundaran HI lalu memutar kembali ke BCA melalui Jalan Blora melewati Stasiun Sudirman dan keluar di Plaza UOB. Nafsiah menyatakan penderita penyakit Alzheimer terus meningkat setiap tahunnya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Alzheimer dilakukan sosialisasi ke daerah. Selain itu pemerintah pusat sedang menyusun Rencana Nasional Pencegahan Demensia.

"Siapapun yang menjadi menteri kesehatan nanti, Rencana Nasional untuk pencegahan Demensia Alzheimer harus dilakukan melalui pendekatan multi-sektoral. Ini bukan kerja sendiri dan semua harus turun tangan," kata Nafsiah di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/9).

Acara ini seharusnya dihadiri juga oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun dia tidak hadir. Informasinya, Ahok tidak datang lantaran melakukan kunjungan kerja di Korea Selatan.

Asisten Sekretaris Daerah DKI Jakarta Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Bambang Sugiyono menyatakan Ahok sudah memberikan mandat bahwa pemerintah provinsi DKI harus memulai mempersiapkan fasilitas umum dan infrastruktur yang memudahkan para lansia. Gedung-gedung juga harus membuat jalur landai sehingga memudahkan mobilitas para lansia yang menggunakan kursi roda.

"Kita memulai pembangunan ini dari sekarang. Kita harus siap. Jangan sampai kegiatan mereka karena tidak adanya infrastruktur yang menunjang," ujar Bambang.

Sementara itu Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia, DY Suharya menyatakan bahwa partisipasi masyarakat dan pemerintah terus meningkat. Kampanye Bulan Alzheimer Dunia tahun ini, kata dia, juga dilaksanakan di Bandung, Semarang, dan Yogyakarta dengan melaksanakan Jalan Sehat Peduli Alzheimer.

"Pak Ganjar dan Pak Sri Sultan telah menyatakan dukungannya untuk hadir dalam Jalan Sehat di Semarang pada 24 September 2014 dan di Yogya pada 12 Oktober, sementara di Bandung akan ada seminar, senam, angklung di Pendopo Wali Kota Bandung," tandasnya.

JAKARTA - Peringatan hari Alzheimer sedunia dirayakan dalam acara Car Free Day, Minggu (21/9). Dalam kegiatan itu hadir Menteri Kesehatan Nafsiah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News