Empat Gunung Berstatus Siaga, Warga di 8 Kabupaten Siap Mengungsi

Empat Gunung Berstatus Siaga, Warga di 8 Kabupaten Siap Mengungsi
Empat Gunung Berstatus Siaga, Warga di 8 Kabupaten Siap Mengungsi. Tampak aktivitas Gunung Slamet, Jawa Tengah. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah terus menyiapkan langkah antisipasi bencana gunung berapi. Hingga saat ini, tercatat masih ada empat gunung berapi yang berstatus siaga. Seluruhnya cukup rawan. Sebab, banyak masyarakat yang bermukim di sekitar gunung.

Empat gunung tersebut adalah Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara; Gunung Slamet di Jawa Tengah; Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara; dan Gunung Karangetang di Pulau Siau, Sulawesi Utara. Hingga saat ini, gempa-gempa vulkanis masih terus terjadi di empat gunung tersebut. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memantau terus aktivitas gunung-gunung itu.

Kepala PVMBG Surono menyebutkan, sejak tengah malam hingga kemarin siang (20/9) aktivitas Gunung Slamet cukup tinggi. Tercatat 118 kali gempa embusan dan 29 kali gempa tremor gara-gara aktivitas gunung setinggi 3.428 meter itu. ”Kami rekomendasikan tidak ada aktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah. Di luar itu, masyarakat bisa beraktivitas normal,” ujar Surono Sabtu (20/9).

Begitu pula Gunung Lokon yang hingga kemarin siang sudah mengakibatkan gempa lebih dari 40 kali. Asap putih juga masih keluar dari kawah dengan ketinggian hingga 75 meter. Masyarakat diminta tidak beraktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari kawah.

Untuk Gunung Karangetang, kegempaan serupa masih terjadi secara terus-menerus. Namun, masyarakat Pulau Siau tetap tenang karena jarak permukiman cukup jauh dari kawah. Sedangkan dari Gunung Sinabung, warga tiga desa dipindahkan secara permanen. Yakni, Desa Sukameriah, Bekerah, dan Simacem. Ketiganya berlokasi di radius 3 kilometer dari kawahGunung Sinabung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah pengungsi Gunung Sinabung saat ini tinggal 5.545 orang atau 1.721 KK. ”Rencananya, besok (hari ini, Red) akan ada pemulangan 608 orang pengungsi dari dua desa, yakni Kebayaken dan Kutarayat,” tuturnya.

Selain memulangkan pengungsi, pihaknya mengupayakan bantuan perbaikan rumah yang diterjang abu vulkanis dan kerikil. Salah satunya dengan distribusi 2.000 lembar seng ke Desa Selandi yang warganya baru saja dipulangkan dari pengungsian.

Sutopo menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan rencana darurat bencana di delapan kabupaten dan kota yang berada di sekitar gunung-gunung berstatus siaga tersebut. Antara lain Kabupaten Karo (Gunung Sinabung); Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal (Gunung Slamet); serta Kota Tomohon (Gunung Lokon). Juga Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Gunung Karangetang).

JAKARTA – Pemerintah terus menyiapkan langkah antisipasi bencana gunung berapi. Hingga saat ini, tercatat masih ada empat gunung berapi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News