Amankan Laut Talisayan untuk Konservasi Hiu Tutul

Amankan Laut Talisayan untuk Konservasi Hiu Tutul
Amankan Laut Talisayan untuk Konservasi Hiu Tutul

jpnn.com - TALISAYAN - Pemkab Berau ingin mengamankan laut Talisayan untuk kawasan konservasi hiu tutul. Di kawasan itu, aktivitas yang bisa mengancam keberadaan kawanan hiu tutul tidak diperbolehkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga habitat ikan yang selama ini disebut Ikan Nenek oleh masyarakat setempat.

"Laut Talisayan bisa diamankan untuk kawasan konservasi hiu tutul. Secara teknis, luasnya bisa mencapai 20 mil dari bibir pantai," ujar Staf Ahli Bupati Berau Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Mappasikra, kemarin (21/9).

Tetapi, menurut dia, bukan berarti kawasan itu tidak bisa dimanfaatkan. Nelayan masih bisa mencari ikan di kawasan tersebut sepanjang tidak membahayakan habitat hiu tutul. Tetapi, jika ada nelayan yang menggunakan alat tangkap yang mengancam kawanan hiu tutul, menurut Mappasikra, harus mencari ikan di kawasan di atas 20 mil.

"Nelayan yang mengganggu, tidak diperbolehkan mencari ikan di kawasan itu (20 mil dari bibir pantai)," sambung mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setkab Berau ini.

Untuk sarana, menurut Mappasikra, Pemkab Berau berencana membangun 2 unit bagan apung untuk wisatawan yang akan menyaksikan atraksi hiu tutul. Dengan adanya bagan apung, wisatawan bisa lebih santai menikmati kawanan ikan yang kini diketahui berjumlah 10 ekor itu.

"Nanti bagannya bisa didesain sehingga memberikan kenyaman bagi wisatawan. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati atraksi hiu tutul," ujarnya.

Disebutkan, keberadaan hiu tutul di laut Talisayan sebenarnya menjadi peluang usaha bagi masyarakat sekitar. Misalnya, menyiapkan peralatan selam dan transportasi menuju kawasan berkumpulnya hiu tutul.

"Sebenarnya, bisa saja pemkab programkan buat kapal angkutan. Tapi, kalau bisa masyarakat nelayan bisa menyiapkan, kenapa tidak. Ini peluang usaha. Masalah tarif bisa diatur, yang penting tidak memberatkan pengunjung. Seperti itu harapan bupati," ungkapnya.

TALISAYAN - Pemkab Berau ingin mengamankan laut Talisayan untuk kawasan konservasi hiu tutul. Di kawasan itu, aktivitas yang bisa mengancam keberadaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News