PDIP dan Gerindra Sama Saja

PDIP dan Gerindra Sama Saja
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dua tokoh politik Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto kembali didaulat untuk menempati posisi penting di partainya.

Putri dari presiden Soekarno ini diusulkan untuk menjadi Ketua Umum untuk periode berikutnya di acara rapat kerja nasional (rakernas) 2014 di Semarang.

Begitupula Prabowo yang sebelumnya hanya menjabat Ketua Dewan Pembina, kini didaulat menjadi Ketua Umum Partai Gerindra sepeninggal Suhardi dalam acara Kongres Luar Biasa (KLB) di Bogor, Sabtu (20/9) lalu.

Pengangkatan kedua tokoh senior ini dikritik oleh sejumlah pengamat. Pasalnya, kedua partai ini dianggap menambah daftar keberadaan sosok sentral di tubuh partai, yang sebelumnya juga diperlihatkan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi ketum Partai Demokrat dan Amien Rais menjadi sentral di Partai Amanat Nasional (PAN).

"Fenomena ini semakin mempertegas bahwa partai tak bisa dilepaskan dari peran sosok yang acapkali diposisikan sebagai patron," kata pengamat politik LIPI, Siti Zuhro, kepada Indopos (Grup JPNN) di Jakarta, kemarin (21/9).

Menurut wanita yang akrab disapa Wiwieq ini, sebenarnya di kedua partai itu banyak bermunculan kader muda yang potensial. Namun proses regenerasi itu sulit terjadi. "Kader banyak tapi regenerasi tak lancar karena partai masih mengandalkan peran patron yang dianggap bisa merepresentasikan banyak fungsi," ujarnya.

Ia menilai kedua tokoh itu oleh internal partainya dipandang yang paling mampu menjaga soliditas dan kohesivitas partai. Keduanya dianggap sebagai figur pemersatu partai dan memiliki kewibawaan di mata para elite dan kader di internal partai.

"Bahkan mereka berdua ini dianggap yang bisa merepresentasikan partai dan tampil diantara partai-partai yang ada," tuturnya.

JAKARTA - Dua tokoh politik Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto kembali didaulat untuk menempati posisi penting di partainya. Putri dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News