UNESCO Serahkan Sertifikat Tari Saman

UNESCO Serahkan Sertifikat Tari Saman
UNESCO Serahkan Sertifikat Tari Saman

jpnn.com - BANDA ACEH - Sertifikat Tari Saman akan diberikan pihak Unesco kepada Gubernur Aceh yang akan dilaksanakan 25 September di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

"Kita sangat bersyukur karena tari Saman  telah diakui dunia dan ada sertifikatnya," ujar Kepala Perwakilan Jakarta, Badri yang melaporkannya kepada wartawan, Minggu (21/9).

Penyerahan nantinya akan disampaikan melalui Menkokesra selanjutnya diserahkan kepada Menteri Pendidikan untuk diberikan kepada Gubernur Aceh dan Bupati Gayo Lues sebagai daerah yang telah melahirkan tari Saman.

Sejarah singkat tari Saman, berasal dari kesenian yang disebut pok ane yang artinya menepuk tangan sambil bernyanyi.

Saman dikembangkan oleh seorang tokoh Islam yang bernama Syeh Saman. Selain sebagai penyiar agama, Syeh Saman juga seorang seniman. Sehingga namanya kemudian dijadikan nama tarian tersebut.

Dalam perkembangan, tarian ini sebagai media dakwah untuk pengembangan agama Islam. Pada tahun 2013 telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Aceh. (imj)


BANDA ACEH - Sertifikat Tari Saman akan diberikan pihak Unesco kepada Gubernur Aceh yang akan dilaksanakan 25 September di Taman Mini Indonesia Indah,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News