Hari Pertama Tes CAT CPNS, Banyak Pelamar tak Hadir

Hari Pertama Tes CAT CPNS, Banyak Pelamar tak Hadir
Tes CPNS dengan sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pelaksanaan tes CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) sudah dimulai, Senin (22/9).

Ada tiga instansi yang telah melaksanakan tes kompetensi dasar yaitu Kementerian Kehutanan, Bakorkamla, dan Kementerian Perdagangan. Hanya saja di tes perdana ini banyak pelamar yang tidak hadir.

Menurut Arizal, asisten deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), dari pemantauan di lapangan banyak peserta tidak hadir.

"Saya memantau pelaksanaan tes di Kemendag dan Bakorkamla. Anehnya, dari 200 komputer yang disiapkan panitia ada 50 komputer di Bakorkamla dan 35 di Kemendag yang kosong. Artinya pelamarnya tidak datang," kata Arizal di kantornya, Jakarta, Senin (22/9).

Ketidakhadiran para pelamar ini menjadi tanda tanya besar. Pasalnya, untuk bisa masuk ke tes TKD, butuh proses serta perjuangan panjang.

"Kok bisa sudah capek-capek mendaftar, mengurus berkas tapi kemudian tidak hadir tes. Padahal beberapa hari sebelum tes sudah diinformasikan ke para peserta tesnya kapan," terangnya.

Untuk tes TKD pada 23 September, akan dilaksanakan oleh Pemprov DI Yogyakarta, 25 September PPATK, 27-28 September Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sedangkan tes 1 Oktober dilaksanakan oleh BMKG dan LAPAN. Sementara, 7 Oktober tes CAT di LKPP.

JAKARTA--Pelaksanaan tes CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) sudah dimulai, Senin (22/9). Ada tiga instansi yang telah melaksanakan tes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News