Demokrasi Dinilai Hanya Untungkan Elite Saja

Demokrasi Dinilai Hanya Untungkan Elite Saja
Demokrasi Dinilai Hanya Untungkan Elite Saja

jpnn.com - JAKARTA - Guru besar ilmu politik di Universitas Indonesia (UI), Maswadi Rauf mengkritisi perkembangan demokrasi yang saat ini terjadi di Indonesia. Menurutnya, demokrasi justru bukan demi memajukan rakyat, tapi masih sebatas menguntungkan elite politik.

"Demokrasi masih memberi keuntungan bagi elit di pusat maupun daerah. Saya tidak salahkan demokrasi, tapi orang-orang yang menjalankan demokrasi, perilakunya tidak sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi," kata Maswadi dalam diskusi bertema “Konsolidasi NKRI, Lima Tahun Kiprah MPR" di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Senin (22/9).

Dipaparkannya, euforia demokrasi semakin menjadi-jadi. Di sisi lain, praktik politik uang semakin tak terkendali.

“Saya belum lihat regulasi pencegahan politik uang. Sama sekali tidak ada. Yang ada hanya sebatas pernyataan antipolitik uang," ungkapnya.

Maswadi juga mengatakan bahwa terdapat pergeseran ancaman terhadap NKRI dari persoalan SARA menjadi ekonomi. Menurutnya, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla nanti harus mencermati hal itu.

"Terjadi paradigma ancaman terhadap NKRI dari yang semula berbentuk SARA menjadi ekonomi. Jika rezim Joko Widodo-Jusuf Kalla gagal mengimplementasikan ekonomi sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi yakni ekonomi kerakyatan, maka jangan salahkan rakyat nantinya," kata Maswadi.(fas/jpnn)


JAKARTA - Guru besar ilmu politik di Universitas Indonesia (UI), Maswadi Rauf mengkritisi perkembangan demokrasi yang saat ini terjadi di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News