Ekspor CPO ke Tiongkok Anjlok 70 Persen

Ekspor CPO ke Tiongkok Anjlok 70 Persen
Ekspor CPO ke Tiongkok Anjlok 70 Persen

jpnn.com - JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengkhawatirkan adanya penurunan ekspor minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) hingga akhir tahun. Sebab, Tiongkok sebagai importir ketiga terbesar baru saja memberlakukan aturan tentang standar residu pestisida.

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Fadhil Hasan mengatakan, ekspor CPO ke Tiongkok anjlok drastis sepanjang Agustus 2014. Dari data Gapki, volume ekspor CPO selama Agustus hanya 81.000 ton atau turun 70 persen dibandingkan capaian bulan sebelumnya yang 138.000 ton.

"Penyebabnya disinyalir karena Tiongkok sudah memberlakukan standar residu pestisida," kata Fadhil, kemarin (22/9).

Dengan adanya aturan baru tersebut setiap komoditi dan bahan makanan harus sudah mengantongi sertifikat lolos dari residu pestisida yang jenis-jenisnya sudah ditetapkan pemerintah Tiongkok.

"Regulasi baru ini mencakup 387 pestisida, termasuk untuk produk minyak makan. Dengan adanya regulasi baru ini, secara otomatis para eksportir CPO dari Indonesia harus melengkapi persyaratan ini sebelum memasok ke Tiongkok," tuturnya.

Gapki mencatat, ekspor CPO ke negara-negara Afrika juga terperosok hingga 89 persen pada Agustus. Sedangkan ekspor ke Bangladesh dan Uni Eropa masing-masing anjlok hingga 51 persen dan 24 persen pada bulan yang sama. Pada saat bersamaan, ekspor ke India dan Pakistan tercatat masing-masing naik 17 persen dan 29 persen pada Agustus.

"Peningkatan permintaan dari dua negara Asia Selatan itu ditujukan untuk menambah stok setelah pasokan sebelumnya habis terpakai saat hari raya," sebutnya.

Penurunan ekspor ditengarai juga akibat rendahnya harga CPO dunia, yang diklaim terburuk dalam lima tahun terakhir. Sementara itu di dalam negeri permintaan CPO meningkat seiring bertambahnya pabrik-pabrik pengolahan baru.

JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengkhawatirkan adanya penurunan ekspor minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News