Kemarau Panjang, Sebulan Seratus Kebakaran

Kemarau Panjang, Sebulan Seratus Kebakaran
Kemarau Panjang, Sebulan Seratus Kebakaran

SURABAYA - Kota Pahlawan ''panen api''. Statistik menunjukkan, semakin banyak kebakaran yang terjadi di Surabaya. Bahkan, ada peningkatan selama tiga bulan terakhir. Pada Juli lalu, terdapat 40 kejadian. Selanjutnya, pada Agustus, tercatat 101 peristiwa kebakaran. Hingga kemarin (22/9) kebakaran mencapai 64 kejadian. 

"Trennya memang naik terus," tegas Kepala Dinas Kebakaran Pemkot Candra Oratmangun. Dia mengatakan, penyebab utamanya adalah tahun ini musim hujan berhenti lebih cepat. Musim kemarau juga diprediksi lebih panjang daripada biasanya. Selain itu, angin bertiup kencang. 

Nah, pada musim kemarau, kebakaran tidak pernah kurang dari 40 kejadian. Bandingkan dengan kebakaran pada musim penghujan yang ''hanya'' 15 sampai 20 peristiwa. Berarti ada peningkatan hingga dua kali lipat lebih. "Merambatnya sangat cepat kalau kemarau," katanya.

Menurut Candra, setiap hari rata-rata ada lima kebakaran. Hampir 60 persen disebabkan alang-alang dan sampah di beberapa titik lahan kosong. Sisanya adalah kebakaran bangunan, mobil, dan panel listrik. 

SURABAYA - Kota Pahlawan ''panen api''. Statistik menunjukkan, semakin banyak kebakaran yang terjadi di Surabaya. Bahkan, ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News