Dorong Polda Kalbar Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Dorong Polda Kalbar Dipimpin Jenderal Bintang Dua
Wakil Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK - Komisi III DPR terus mendorong peningkatan status Polda Kalbar dari tipe B menjadi tipe A.

“Sejak tahun lalu, 2011, kami sudah mengusulkan ke pemerintah terkait peningkatan tipe Polda Kalbar, dari tipe B menjadi tipe A,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin saat kunjungan ke Mapolda Kalbar, kemarin (22/9).

Aziz mengatakan, pada dasarnya Komisi III DPR RI sudah menyetujui terkait peningkatan status Polda Kalbar. Sebab dilihat dari sisi geografis, Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan memiliki luas wilayah dua kali lipat dari Pulau Jawa, sangat rentan dengan praktik-praktik ilegal yang masuk dari pintu perbatasan.

Selain itu, lanjut Aziz, Kalbar sudah berdiri Kodam XII/Tanjungpura yang dipimpin oleh seorang bintang dua, sehingga Polda Kalbar harus juga dipimpin oleh bintang dua agar setara dalam bidang kerjasama antara TNI-Polri.

“Mudah-mudahan peningkatan status Polda Kalbar juga akan dilakukan oleh Komisi III DPR RI periode 2014-2019 sehingga segera terealisasi,” lanjutnya.

Menurut Aziz, Komisi III DPR RI terus mendorong peningkatan status Polda Kalbar. Namun kesiapan untuk kenaikan tipe berada di tubuh Polri itu sendiri.

“Yang jelas sejak tahun lalu, kami sudah mengajukannya ke pemerintah dan perlu persetujuan pemerintah, dalam hal ini Menpan dan struktur Polri perlu perombakan-perombakan. Apakah Polri sudah siap, baik segi sarana prasaran maupun personelnya,” katanya.  

Senada juga diungkapkan Komisioner Kompolnas Edi Hasibuan saat berkunjung ke Mapolda Kalbar. Ia menyatakan status Polda Kalbar sudah selayaknya dinaikkan dari tipe B ke tipe A, agar sejajar dengan Kodam XII/Tanjungpura yang sudah dipimpin oleh Mayjen atau setingkat bintang dua.

PONTIANAK - Komisi III DPR terus mendorong peningkatan status Polda Kalbar dari tipe B menjadi tipe A. “Sejak tahun lalu, 2011, kami sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News