Ini Bahaya Keseringan Konsumsi Pil Tidur

Ini Bahaya Keseringan Konsumsi Pil Tidur
Ini Bahaya Keseringan Konsumsi Pil Tidur

jpnn.com - TIDAK sedikit orang yang menggunakan pil tidur atau obat tidur untuk membantu mereka tidur dan beristirahat dengan baik. Bisa jadi obat tidur tersebut diresepkan oleh dokter atau mereka beli sendiri di apotek. Minum obat tidur tampaknya adalah hal yang wajar, tetapi menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurtnal Substance Abuse and Mental Health Service Administration, obat tidur ternyata mengandung bahaya yang lebih besar dari yang dipikirkan oleh banyak orang.

Data menunjukkan bahwa adalah banyak kasus darurat atau kunjungan rumah sakit yang disebabkan oleh konsumsi obat tidur yang berlebihan. Jumlah pasien yang dilarikan ke rumah sakit berkaitan dengan penggunaan obat tidur juga meningkat sejak tahun 2005 hingga 2010. Angka yang sebelumnya 21.824 kunjungan dalam dua tahun meningkat menjadi 42.274 kunjungan. Lantas, apa yang membuat obat tidur menjadi sangat berbahaya?

"Orang berpikir bahwa obat tersebut jinak. Itulah masalahnya. Obat tidur memang bisa membantu orang beristirahat dengan tenang. namun obat tidur hanya memiliki efek sementara, obat ini bukan untuk digunakan dalam jangka panjang. Jika digunakan secara tidak tepat, obat ini bisa sangat berbahaya," kata peneliti Carl Bazil, M.D, seperti dilansir lamanWomen's health Magazine, Selasa (23/9).

Salah satu bahaya terbesar adalah efek buruk bat tidur seringkali lebih besar pada wanita dibandingkan pria. Wanita berkemungkinan memetabolisme obat tidur lebih lama dari pria, namun banyak dokter yang tidak tahu hal ini. Masalah lain yang menyangkut obat tidur adalah efek yang akan dirasakan esok harinya setelah mereka mengkonsumsi pil tersebut.

Orang akan merasa sedikit lelah ketika terbangun dari tidur setelah mengonsumsi pil tidur. INi sebenarnya efek yang wajar, namun rasa lelah itu bisa bertahan lebih lama. Orang bahkan bisa masih merasa mengantuk esok harinya setelah semalam mengkonsumsi obat tidur. Jika mereka mengantuk saat berangkat kerja dan berkendara, ini bisa berisiko sangat fatal bagi keselamatan mereka.

"Kecelakaan saat berkendara adalah salah satu masalah terbesar jika orang mengkonsumsi pil tidur. Ini karena mereka seringkali tidak sadar bahwa kesadaran mereka belum pulih benar. Hampir sama dengan ketika seseorang menyetir sambil mabuk," kata Bazil.

Pil tidur juga bisa memberikan bahaya yang serius jika Anda mengkonsumsinya bersamaan dengan obat lain seperti alkohol dan stimulan. Efek obat tidur akan mengganda dan akan membuat orang merasa tidak nyaman ketika bangun keesokan harinya. Orang seringkali juga tidak sadar bahwa efek pil tidur sangat kuat dan cepat.

Mereka bisa saja mengonsumsi obat tidur ketika masih berada di dalam rumah belum di atas kasur. Mereka bisa saja melakukan hal yang berbahaya karena sudah mulai mengantuk, namun tidak sadar bahwa pil sudah mulai bekerja. Jika ingin menggunakan obat tidur, sebaiknya minum ketika anda sudah siap tidur di atas kasur.

TIDAK sedikit orang yang menggunakan pil tidur atau obat tidur untuk membantu mereka tidur dan beristirahat dengan baik. Bisa jadi obat tidur tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News