Ini Manfaat Cokelat dan Red Wine buat Penyakit Mata

Ini Manfaat Cokelat dan Red Wine buat Penyakit Mata
Red Wine punya manfaat untuk mengurangi penyakit mata berat. Foto: ist.

jpnn.com - DALAM perkembangannya cokelat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, cokelat ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Sama halnya dengan red wine, secara ekstrim orang bilang ada seribu satu khasiat yang bisa didapat dari minuman beralkohol asal Perancis itu, yakni kedua makanan dan minuman ini dapat mengurangi gejala penyakit mata berat yaitu glaukoma.

Kondisi glaukoma ini juga dapat mereda dengan minum kopi dan teh hijau dan makan lebih banyak buah dan sayuran, menurut sebuah studi baru yang meneliti efek diet pada glaukoma.

Mereka semua mengandung antioksidan tinggi yang tampaknya meningkatkan fungsi retina pada pasien dengan kondisi tersebut, setidaknya dalam jangka pendek. 
Namun, para ahli mengatakan satu-satunya harapan untuk obat untuk penyakit ireversibel adalah terapi gen, karena penyakit ini merupakan penyakit turunan dalam suatu keluarga.

Glaukoma mempengaruhi hampir setengah juta orang di Inggris. Hal ini terjadi ketika cairan di dalam mata menciptakan tekanan yang dapat merusak saraf optik yang menghubungkan mata ke otak. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan perifer dan kehilangan akhirnya lengkap terlihat.

Pengobatan saat ini terdiri dari tetes mata, diminum setiap hari, yang mengurangi tekanan pada mata. Jika ini tidak berhasil, maka pasien dapat dirujuk untuk operasi atau perawatan laser. Tips diet glaukoma baru muncul dalam jurnal medis Spanyol yang menganalisis data dari lebih dari 20 studi sebelumnya.

Mereka juga menyarankan bahwa mereka yang memiliki asupan tinggi retinol antioksidan, mengkonsumsi susu, keju atau mentega atau Vitamin B1 yang ditemukan dalam roti dan kentang, memiliki setengah risiko pengembangan glaukoma lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi makanan tersebut.

Satu studi menemukan bahwa efek antioksidan kopi dapat melindungi terhadap degenerasi retina. Studi lain juga menemukan bahwa lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan mungkin memiliki efek menguntungkan pada perkembangan glaukoma karena mereka memiliki sifat anti-inflamasi.

"Semua rekomendasi kesehatan ini sangat masuk akal, tetapi apakah mereka secara statistik signifikan dalam mengurangi penyakit dan perkembangannya sulit untuk mengatakan tanpa penelitian skala besar," kata kepala pengembangan profesional di Asosiasi dokter mata, Karren Sparrow, seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (24/9).

DALAM perkembangannya cokelat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News