Pekerja Shift Lebih Berisiko Kena Diabetes

Pekerja Shift Lebih Berisiko Kena Diabetes
Pekerja Shift Lebih Berisiko Kena Diabetes

jpnn.com - SHIFT kerja yang mengganggu jam tubuh, telah lama dikenal meningkatkan risiko kanker, gangguan jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, namun dampak keseluruhan pada diabetes belum jelas. Review terbaru termasuk 12 studi internasional yang melibatkan lebih dari 226.500 peserta, 14.600 di antaranya menderita diabetes.

Ketika peneliti mengumpulkan hasil dari semua studi mereka menemukan bahwa setiap periode kerja shift dikaitkan dengan sembilan persen peningkatan risiko diabetes dibandingkan dengan jam kerja kantor normal.

Risiko tambahan naik menjadi 37 persen untuk laki-laki, setelah memperhitungkan potensi dampak gender, desain penelitian, lokasi penelitian, pekerjaan, jadwal shift, indeks massa tubuh, riwayat keluarga diabetes dan tingkat aktivitas fisik.

Temuan ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Occupational & Environmental Medicine. "Alasan untuk temuan ini tidak jelas. Diperkirakan bahwa pada siang hari tingkat hormon testosteron laki-laki dikendalikan oleh jam biologis tubuh, sehingga hal ini sangat mempengaruhi terhadap kesehatan mereka," kata pemimpin studi, Profesor Zuxun Lu dari Huazhong University of Science and Technology, Wuhun, Hubei, Cina, seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (25/9).

Kerja shift juga berhubungan dengan penambahan berat badan dan nafsu makan meningkat, yang keduanya merupakan faktor risiko untuk diabetes, dan kerja shift dapat mengganggu kadar kolesterol dan tekanan darah.

Kerja shift membuat orang lebih sulit untuk menyesuaikan diri dengan siklus teratur tidur-bangun, kurang tidur, atau kualitas tidur yang buruk yang mungkin akan memperburuk resistensi insulin. (fny/jpnn)


SHIFT kerja yang mengganggu jam tubuh, telah lama dikenal meningkatkan risiko kanker, gangguan jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News