Pilkada Diwakilkan, Senator Diuntungkan

Pilkada Diwakilkan, Senator Diuntungkan
Pilkada Diwakilkan, Senator Diuntungkan

jpnn.com - JAKARTA - Pakar hukum tata negara, Irmanputra Sidin menilai ada pihak-pihak yang diuntungkan dengan mekanisme pemilihan kepala daerah (pilkada) melalui perwakilan di DPRD. Menurutnya, salah satu pihak yang diuntungkan dengan pilkada melalui DPRD itu adalah para senator yang duduk di Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Irman mengatakan, selama pilkada langsung oleh rakyat justru banyak anggota DPD yang tidak berani mengkritisi kepala daerah. Sebab, para kepala daerah bisa mengatur suara pendukungnya untuk menentukan pilihan di pemilihan legislatif termasuk dalam memilih calon anggota DPD.

"Tapi dengan pilkada oleh DPRD, kepala daerah tidak lagi punya pengaruh besar dalam menjegal calon anggota DPD yang tidak disukai gubernur, bupati atau walikota karena berbeda sikap," kata Irman di gedung DPD RI, kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (26/9).

Karenanya, sikap resmi institusi DPD yang menyatakan dukungan terhadap pilkada langsung justru pilihan tidak rasional. Irman menilai DPD buru-buru dalam menentukan sikap.

"Keputusan DPD yang mendukung Pilkada langsung tempo hari, menurut saya tanpa pikir panjang. Itu terjadi karena memang di internal DPD tidak ada  manajerial politik," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Pakar hukum tata negara, Irmanputra Sidin menilai ada pihak-pihak yang diuntungkan dengan mekanisme pemilihan kepala daerah (pilkada) melalui


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News