Panitia Haji Antisipasi Wukuf Akbar

Panitia Haji Antisipasi Wukuf Akbar
Panitia Haji Antisipasi Wukuf Akbar

JAKARTA - Pelaksanaan wukuf musim haji 2014 ada di waktu yang spesial. Wukuf haji tahun ini jatuh pada Jumat (3/10), dikenal dengan sebutan wukuf akbar. Saat itu Padang Arafah diprediksi padat karena juga disesaki warga Arab Saudi.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Mochammad Jasin melalui pesan singkat kemarin menuturkan, wukuf akbar memang spesial di mata masyarakat Saudi. Sebab, jarang sekali tanggal pelaksanaan wukuf bertepatan dengan hari Jumat. Saat wukuf akbar warga Saudi berbondong-bondong ikut. "Sedangkan pada musim haji biasa, warga Saudi jarang mengikuti proses haji," tutur Jasin, yang masih berada di Saudi dalam rangka pemantauan pelayanan haji.

Dia menambahkan, pengecekan infrastruktur jamaah Indonesia di Armina menjadi prioritas. Gunanya adalah meng­antisipasi meledaknya jamaah haji yang melaksanakan wukuf. Jika tidak diantisipasi, jamaah bisa berdesakan di tanah lapang seluas 5,5 km x 3,5 km itu. Jasin juga mengimbau calon jamaah haji (CJH) menjaga stamina jelang pelaksanaan wukuf. Di tengah cuaca Makkah yang cenderung terik, CJH diminta sering-sering minum air putih. 

Sementara itu, Arif Riyanto dari Jawa Pos Radar Semarang melaporkan, ratusan ribu CJH dari berbagai negara, termasuk Indonesia, berebut bus antar jemput di terminal belakang Tower Zamzam di Makkah kemarin (26/9). Kebijakan peme­rintah Arab Saudi memindahkan Terminal Al Ghaza ke Terminal Kuday dinilai merepotkan para CJH Indonesia. Sebab, mereka harus berganti bus yang juga ditumpangi CJH dari negara lain. 

JAKARTA - Pelaksanaan wukuf musim haji 2014 ada di waktu yang spesial. Wukuf haji tahun ini jatuh pada Jumat (3/10), dikenal dengan sebutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News