Gempa 5,1 SR Guncang Pesawaran

Gempa 5,1 SR Guncang Pesawaran
Gempa 5,1 SR Guncang Pesawaran

jpnn.com - PESAWARAN – Gempa  berkekuatan 5,1 SR mengguncang Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (27/9) sekitar pukul 21.39 WIB. Gempa cukup dirasakan di beberapa wilayah Bumi Andan Jejama ini. Gempa dapat dirasakan di beberapa daerah di bagian pesisir Pesawaran, seperti Kecamatan Padangcermin, Margapunduh, dan Punduhpedada.

Berdasarkan data yang diunduh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ke website www.bmkg.go.id, gempa dengan kedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa ada pada 6.40 LS– 104.56 BT. Persisnya adalah di 119 km dari Pesawaran, Lampung.

’’Iya, gempa itu berpusat di barat daya atau terletak di sekitar daerah Kecamatan Padangcermin, Margapunduh, dan Punduhpedada dengan kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran Syamsul Rizal saat dikonfirmasi tadi malam.

Dikatakannya, efek gempa itu tidak terlalu dirasakan warga. ’’Nggak begitu terasa juga goyangnya dan tidak berpotensi tsunami. Saya juga sudah berkoordinasi dengan camat dan gempanya tidak terlalu terasa di sana," ujarnya.

Saat disinggung apakah diprediksi akan terjadi gempa susulan, Syamsul Rizal menyatakan bahwa pihaknya sekarang ini terus berkoordinasi dengan pihak BMKG. Namun, sejauh ini tidak terjadi kerusakan berarti yang diakibatkan oleh gempa itu.

’’Kita terus berkoordinasi dengan pihak BMKG. Kalau kabupaten kita memang sering terjadi gempa. Biasanya tidak terjadi gempa susulan, hanya gempa kecil. Sejauh ini tidak ada kerusakan akibat gempa itu. Gempanya juga tidak terlalu berasa," ungkapnya.

Terpisah, Camat Punduhpedada Mursalin mengatakan, gempa yang terjadi tidak terlalu kuat. Mursalin mengaku, dirinya segera menghubungi beberapa kepala desa yang terdekat dengan daerah pantai untuk memantau kondisi.

"Beberapa kepala desa sudah saya hubungi. Di Desa Bawang yang paling dekat dengan pantai, nggak terlalu berasa gempanya. Termasuk Desa Kunyaian di rumah dinas kita juga tidak terlalu kuat getarannya," ujarnya singkat.

PESAWARAN – Gempa  berkekuatan 5,1 SR mengguncang Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (27/9) sekitar pukul 21.39 WIB. Gempa cukup dirasakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News