Nadine Chandrawinata Ajak Setop Penggunaan Plastik

Nadine Chandrawinata Ajak Setop Penggunaan Plastik
Nadine Chandrawinata Ajak Setop Penggunaan Plastik. JPNN.com

jpnn.com - KEHIDUPAN selebriti yang serba gemerlap, tidak bisa dipisahkan dari hobi berbelanja dan travelling. Tapi seringkali mereka lupa, bahwa barang belanjaan mereka harus dikemas dalam kantong plastik yang sejatinya adalah ”musuh” alam.

Berkaca dari pengalaman dan observasi di lingkungan profesinya, Nadine pun mulai mengkampanyekan setop penggunaan plastik. Nadine mengajak kawan artis untuk bisa menolak penggunaan kantong plastik dan mulai membiasakan diri dengan holding bag.

”Saya sudah membiasakan diri nggak bawa plastik lagi. Saya juga bawa tas satu lagi dari karung goni setiap kali berbelanja,” kata Nadine seeprti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Senin (29/9).

Keputusannya untuk mengurangi sampah plastik sudah dilakukan sejak lama oleh perempuan kelahiran Hannover, Jerman, 8 Mei 1984 itu. Dia pun selalu membawa tas khusus setiap kali belanja.

Bukannya malu, kekasih Moreno Soeprapto itu malahan berupaya mengemas holding bag miliknya dengan lukisan yang dia buat sendiri. ”Nggak, malah mereka kaget. Kok mau melakukan itu,” cerita Nadine.

Kampanye yang dilakukan dengan aksi nyata itu adalah bagian dari kepeduliannya untuk menjaga lingkungan. Sebab, dari pengamatannya selama ini, banyak masyarakat yang dengan ketidaktahuan mereka bisa merusak lingkungan.

Misalnya, banyaknya kantong-kantong plastik bertebaran di jalanan. Bukan hanya dibuang di pinggir jalan, plastik sampah rumah tangga juga dibuang ke sungai yang nantinya bermuara ke laut.

Aktivitas yang tanpa disadari itu, namun dilakukan setiap hari, otomatis akan merusak ekosistem yang ada di dasar laut. ”Saya sebagai penyelam merasa miris. Sampah kan mengalir dari hulu ke hilir. Makanya saya selalu bicara soal lingkungan melalui sebuah kampanye stop penggunaan kantong plastik untuk menjaga lingkungan,” kata perempuan yang sempat mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2006 di Los Angeles, Amerika Serikat itu.

KEHIDUPAN selebriti yang serba gemerlap, tidak bisa dipisahkan dari hobi berbelanja dan travelling. Tapi seringkali mereka lupa, bahwa barang belanjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News