Owi/Butet Kandas, Indonesia Gagal Tambah Emas

Owi/Butet Kandas, Indonesia Gagal Tambah Emas
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sumbang medali perak Asian Games 2014 untuk Indonesia. Foto: AFP

jpnn.com - INCHEON - Indonesia gagal menambah medali emas dari cabang bulutangkis Asian Games XVII/2014. Itu terjadi setelah andalan Merah Putih di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kalah dalam partai final, melawan ganda campuran terbaik dunia dari Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei. 

Owi/Butet, sapaan pasangan Indonesia, takluk dua set langsung 16-21, 14-21, di Gyeyang Gymnasium, Incheon, Senin (29/9). Emas melayang, Owi/Butet hanya berhak kepingan perak.

Di set pertama, Owi/Butet sesungguhnya sempat di atas angin karena sempat unggul jauh hingga selisih 5 poin. Namun perlahan, Zhang/Zhao mampu bangkit dan mengejar ketertinggalan angka. Ganda Tiongkok ini juga terbantu dengan buruknya kontrol ganda Indonesia. Set pertama diambil Zhang/Zhao 21-16 dalam durasi permainan 24 menit.

Antiklimaks memang, di set kedua, Owi/Butet tak menemukan irama dan sabetan terbaik. Pertahanan mereka pun sering kocar-kacir. Zhang Zhao yang berbalik berada di atas angin acap kali dengan mudah membelah koordinasi pertahanan Indonesia. Zhang/Zhao begitu cepat mengambil poin demi poin. Medali emas akhirnya diraih ganda Tiongkok usai menutup set kedua berdurasi 21 menit ini dengan 21-14. (adk/jpnn)


INCHEON - Indonesia gagal menambah medali emas dari cabang bulutangkis Asian Games XVII/2014. Itu terjadi setelah andalan Merah Putih di nomor ganda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News