Perppu Jadi Bukti SBY tak Berakrobat Politik

Perppu Jadi Bukti SBY tak Berakrobat Politik
Perppu Jadi Bukti SBY tak Berakrobat Politik. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang soal Pemilihan Kepala Daerah Langsung menuai pujian.

Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, rencana SBY mengeluarkan Perppu itu menepis spekulasi atau penilaian beberapa hari belakang jika sang presiden memainkan sandiwara politik.

Sebab, beberapa hari belakangan sikap SBY bertolak belakang dengan Partai Demokrat yang memilih walkout dari Rapat Paripurna DPR terkait pengesahan RUU Pilkada menjadi UU.

"Ini menunjukkan bahwa SBY tidak bermain sandiwara politik, seperti yang kemarin-kemarin masyarakat curiga SBY bersandiwara," kata Emrus saat dihubungi JPNN, Selasa (30/9) malam.

Emrus juga menilai langkah ini menunjukkan bahwa SBY merupakan tokoh demokrasi yang pro kedaulatan rakyat. Menurut Emrus, masukan publik tentang sebaiknya SBY mengeluarkan Perppu diterima oleh presiden.

"Ini keputusan yang bagus untuk demokrasi, dan kedaulatan rakyat. Ini keberanian yang luar biasa," papar Emrus yang juga pengajar di Universitas Mercu Buana. (boy/jpnn)

 


JAKARTA -- Rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang soal Pemilihan Kepala Daerah Langsung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News