Catatan Dahlan Iskan tentang Strategi Merebut Hati dan Mengisi Perut di Golden Triangle (3)

Pilih Tanam Macadamia yang Buahnya Mahal

Catatan Dahlan Iskan tentang Strategi Merebut Hati dan Mengisi Perut di Golden Triangle (3)
Foto : AG Network for JAWA POS
Khun Chai benar-benar memilih cara yang damai dalam melaksanakan proyek besarnya membebaskan warga Doi Tung dari cengkeraman sindikat narkoba. Dia tidak pernah menyindir, mencela, apalagi sampai menggusur warga yang masih menanam opium di pegunungan di kawasan Golden Triangle itu. 

GEMA bahwa Ibu Suri Thailand akan merayakan ulang tahun yang ke-90 di pegunungan Doi Tung cepat bergema ke seantero negeri. Termasuk menggema di suku-suku pegunungan Doi Tung, satu wilayah yang dikenal sebagai Golden Triangle dengan opiumnya yang memasok 70 persen keperluan opium dunia itu. Kabar itu saja sudah menjadi strategi sosialisasi kepada suku-suku penanam opium yang sangat efektif. Juga sebagai public relation yang langsung menjangkau seluruh masyarakat Thailand.

 

Apalagi, didengung-dengungkan juga bahwa Ibu Suri akan tinggal di pegunungan terpencil itu –bukan sekadar untuk beristirahat, tapi akan menghabiskan sisa hidunya bersama dan untuk kebahagiaan rakyat setempat. Perasaan haru, bangga, tersanjung dari masyarakat setempat bercampur menjadi satu. Ditambah lagi pujian dari Ibu Suri bahwa wilayah inilah Swiss-nya Thailand. Sebuah pujian yang membuat hati rakyat setempat menggelembung dan semangat mereka menyala-nyala.

Dengan strategi sosialisasi seperti itu, hilanglah keragu-raguan rakyat setempat bahwa proyek besar itu hanya akan menyengsarakan mereka. Terutama keraguan apakah mereka akan digusur. Apakah mereka akan dilarang tinggal di gunung-gunung yang sudah turun-temurun menjadi tempat mereka berladang opium. Dulu mereka memang pernah digusur dengan alasan terlalu dekat dengan perbatasan yang rawan. Tapi, penggusuran itu mengakibatkan hidup mereka lebih menderita. Maka, kalau kali ini masih ada juga tebersit kekhawatiran seperti itu, Khun Chai sangat memahaminya.

Khun Chai benar-benar memilih cara yang damai dalam melaksanakan proyek besarnya membebaskan warga Doi Tung dari cengkeraman sindikat narkoba. Dia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News