Bisa Turun 20 Kg dengan Topping Biji-bijian

Bisa Turun 20 Kg dengan Topping Biji-bijian
TURUN 20 KG: Lusi dan temannya, Santi, menggunakan biji-bijian sebagai topping di Fruita East Coast Center (28/9). (Dimas Alif/Jawa Pos)

jpnn.com - Belakangan dalam sajian makanan dan minuman sehat, ada topping seperti biji-bijian yang ditaburkan begitu saja. Rasanya memang tidak memengaruhi makanan dan minuman utama, tapi yang berpengaruh jelas manfaatnya.

* * *

PENGGIAT topping biji-bijian Lusiana Susilowati mengatakan, seiring dengan bergaungnya kampanye makanan sehat yang dipromosikan artis-artis seperti Sophie Navita, Gwen Winarno, hingga Melly Manuhutu, biji-bijian semakin populer.

Mulai sunflower seed (biji bunga matahari atau isi kuaci), golden flaxseed(biji bunga flax), quinoa, hingga brown flaxseed (biji bunga flax yang berwarna cokelat). ’’Biasanya, saya campurkan beberapa jenis biji ke dalam makanan dan minuman saya,’’ papar perempuan yang juga ownerdari Fruita East Coast Center tersebut.

Namun, sebelum berbisnis makanan sehat mentah, Lusi sebenarnya punya pengalaman yang berarti dengan biji-bijian tersebut. Setelah menikah, Lusi tidak langsung hamil. Sekitar empat tahun setelah pernikahannya, dia memutuskan untuk mengubah gaya hidup. Yang awalnya selalu ”nyampah” dengan makan junk food di luar rumah, Lusi mengganti pola hidupnya dan suami. Mulai mengganti konsumsi nasi putih menjadi nasi merah hingga banyak makan sayuran.

Namun, untuk buah-buahan, Lusi tidak seberapa menyukainya. Karena itu, dia menyiasatinya dengan menambah biji-bijian. Setiap hari Lusi menambahkan quinoa ke dalam salad atau menambahkan golden flaxseedatau chia seeds sebagai topping dalam jusnya. ’’Ajaibnya, saya langsung hamil,’’ ucapnya.

Masalah tidak sampai di situ. Setelah melahirkan, dia punya masalah dengan berat badannya yang overweight 20 kilogram. Lusi melanjutkan dietnya. Kali ini dia sangat intens menambahkan chia seeds ke dalam makanan dan minumannya. Tapi, dia paling sering membuat puding darichia seeds dan susu almon. Dengan diimbangi olahraga, dalam satu tahun beratnya turun 20 kilogram.

Menurut Lusi, biji-bijian mengandung nutrisi ekstra dan membantu menahan lapar. Misalnya, yang paling disukainya adalah chia seeds. Biji yang bila dicampur minuman bertekstur mirip selasih itu mengandung serat, protein, dan antioksidan. Bila sedang berdiet, Lusi biasanya mengganti sarapan dengan jus ber-topping chia. Maka, rasa kenyangnya bisa awet sampai sekitar pukul dua siang. Setelah itu, dia tetap makan siang.

Belakangan dalam sajian makanan dan minuman sehat, ada topping seperti biji-bijian yang ditaburkan begitu saja. Rasanya memang tidak memengaruhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News