Biji-bijian Bagus untuk Kesuburan dan Awet Muda

Biji-bijian Bagus untuk Kesuburan dan Awet Muda
TURUN 20 KG: Lusi dan temannya, Santi, menggunakan biji-bijian sebagai topping di Fruita East Coast Center (28/9). (Dimas Alif/Jawa Pos)

jpnn.com - MENGONSUMSI biji-bijian yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman memang bermanfaat. Ketua Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Jawa Timur Andriyanto mengungkapkan, segala macam biji-bijian bagus dikonsumsi oleh perempuan. Sebab, itu bisa meningkatkan kualitas indung telur. Artinya, segala macam biji-bijian baik untuk kesuburan.

Bagi ibu hamil, segala macam biji-bijian juga bisa membantu menstabilkan kondisi plasenta. ’’Cara makannya adalah dicampur ke dalam makanan dan minuman lain yang bisa menjadi alternatif,’’ papar laki-laki yang juga direktur Akademi Gizi Surabaya tersebut.

Menurut dia, cara memakan biji-bijian memang semakin bervariasi. Yakni, bergantung selera orang yang memakannya. Andri mencontohkan kombinasi yang sempurna. Misalnya, mencampurkan quinoa ke dalam salad. Kandungan vitamin, mineral, dan magnesiumnya pun komplet didapatkan tubuh.

Dia menyatakan jangan takut mencampurkan salad dengan keju. Dalam satu slice keju, hanya terdapat sekitar 40 kkal (kilo kalori). Seporsi salad yang dicampur biji-bijian dan keju hanya mempunyai takaran sekitar 150 kkal. Padahal, makanan dengan porsi biasa mengandung 400–500 kkal.

Mencampur salad sayur atau buah dengan biji-bijian juga menambah rasa kenyang. Jadi, itu bagus bagi mereka yang sedang berdiet. Karena kandungan kalori yang hinggap dalam tubuh minim, kebutuhan vitamin tercapai. Rasa lapar pun tidak cepat datang. Selain bagus untuk kesuburan perempuan dan perempuan yang sedang hamil, biji-bijian mengandung anti-aging yang bisa membuat awet muda. (ina/c6/c20/tia)

MENGONSUMSI biji-bijian yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman memang bermanfaat. Ketua Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Jawa Timur Andriyanto


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News