Kemendagri Kaji Kelayakan Tiga Calon Sekda Sumut

Kemendagri Kaji Kelayakan Tiga Calon Sekda Sumut
Dirjen Otda Kemendagri Djohermansyah Djohan. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri), Djohermansyah Djohan, membenarkan Tim Penilai Akhir (TPA) Kemendagri, melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), guna menggantikan Nurdin Lubis yang sebentar lagi berusia 61 tahun.

“Iya benar, dengar kalau tadi (Selasa, Red.) sudah dilakukan fit and proper test. Tapi saya bukan bagian dari tim dan saya tidak tahu nama-namanya,” ujarnya di Jakarta, Selasa (30/9).

Meski mengaku tidak mengetahui secara pasti nama ketiga calon sekda yang mengikuti fit and proper test, namun birokrat yang akrab disapa Prof Djo ini menegaskan, proses pengkajian meliputi evaluasi kompetensi, integritas, pangkat, pengalaman, pendidikan dan lembaga para calon.

“Tahapan pengkajian ini sangat penting, sehingga diperoleh sekda yang dapat menjalankan fungsinya dengan baik,” ujarnya.

Proses pengkajian di Kemendagri, kata Prof Djo, tidak berlangsung lama. Hanya beberapa hari, di mana hasilnya kemudian diserahkan ke TPA yang dipimpin Wakil Presiden Boediono.

“Misalnya kalau tadi dipanggil (Kemendagri,red), besok (Rabu,red) hasilnya kita kirim ke TPA yang dipimpin Wakil Presiden. Jadi kita tunggulah, kita berharap bisa cepat selesai. Karena pensiunnya (Nurdin Lubis) itu kan awal November. Kalau bisa lebih cepat sebelum masa pemerintahan sekarang berakhir. Sehingga proses pemerintahan tidak terganggu,” katanya.

Menurut Prof Djo, proses penetapan Sekda Sumut yang baru sepenuhnya tergantung proses pembahasan TPA yang dipimpin Wapres. Jika tidak ada halangan dan tidak banyak pembahasan hal lain yang mengantre, hasil dapat saja diketahui dalam seminggu ke depan.

“Jadi kalau besok kita serahkan ke TPA, maka tinggal antreannya seperti apa. Semua kan tergantung jadwal dan pembahasan hal lain. Intinya kita berharap mudah-mudahan dapat cepat segera ditetapkan,” katanya.

JAKARTA – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri), Djohermansyah Djohan, membenarkan Tim Penilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News