Didominasi PDIP, PKS Tak Kebagian Kursi

Didominasi PDIP, PKS Tak Kebagian Kursi
Didominasi PDIP, PKS Tak Kebagian Kursi

jpnn.com - PURWOKERTO - Pembentukan alat kelengkapan DPRD Banyumas telah ditetapkan dalam rapat paripurna, Selasa (30/9) siang.

Dari jumlah ini, Fraksi PKS sama sekali tidak mendapat posisi pimpinan alat kelengkapan dewan. Berbeda, Fraksi PDI P yang menguasai 50 persen dari 16 pimpinan alat kelengkapan dewan. Meliputi Komisi A, B, C, D, Badan Legislasi Daerah, dan Badan Kehormatan.

Sementara, pimpinan Badan Anggaran dan Badan Musyawarah otomatis dijabat pimpinan dewan, yang meliputi satu orang Ketua dan tiga orang Wakil Ketua DPRD.

Fraksi PDI P yang terdiri dari PDI P, PPP, dan Nasdem memperoleh delapan kursi pimpinan, Fraksi PKB empat kursi pimpinan, Fraksi Golkar Demokrat dua kursi pimpinan, Fraksi PAN satu kursi pimpinan, dan Fraksi Gerindra satu kursi pimpinan.

Diantaranya, Ketua Komisi A Sardi Susanto (PDI P), Wakil Ketua Slamet Marsudiono (PDI P), Sekertaris Woro Sulistyono (PKB), Ketua Komisi B Subagyo (PDI P), Wakil Ketua Saiful HAdi (PAN), Sekertaris Darisun (PKB), Ketua Komisi C Nanung Astoto (Golkar), Wakil Ketua Samsudin (PDI P), Sekertaris Kaman (PPP), Ketua Komisi D Lintarti (PKB), Wakil Ketua Shinta Laila (PDI P), Sekertaris Yoga SUgama (Gerindra), Ketua Balegda Bambang Pudjianto (PDI P), Wakil Ketua Suharto ST (Demokrat), Ketua BK Lulis Wisnu WIdjanarko (PDI P), Wakil Ketua Mustofa SAg (PKB).

Ketua DPRD Banyumas Juli Krisdianto mengatakan, Fraksi PKS sama sekali tidak mendapat kursi pimpinan komisi karena tidak mengusulkan anggotanya. Secara mekanisme, terangnya, setiap fraksi mengusulkan calonnya di tiap alat kelengkapan dewan. Selanjutnya, dilakukan proses musyawarah untuk memilih siapa yang akan menjadi pimpinan tersebut.

"Diperolehlah keputusan berdasarkan musyawarah. PKS tidak mengusulkan anggotanya, sementara lima fraksi yang lain mengusulkan. Tentu yang dipilih adalah yang diusulkan," terangnya usai memimpin penentuan pimpinan di Komisi A.

Komisi A paling cepat menyelesaikan lobi politik untuk menentukan pimpinan. Selanjutnya diikuti Komisi B, Komisi C, dan Komisi D. Diakui Juli, penentuan pimpinan di Komisi D memang berjalan alot. Apalagi setelah Eko Purwanto dari fraksi PKS meminta ada pemaparan visi misi dari seluruh calon pimpinan.

PURWOKERTO - Pembentukan alat kelengkapan DPRD Banyumas telah ditetapkan dalam rapat paripurna, Selasa (30/9) siang. Dari jumlah ini, Fraksi PKS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News