Saran Pengamat, Tim Jokowi-JK Jangan Ngomong

Saran Pengamat, Tim Jokowi-JK Jangan Ngomong
Saran Pengamat, Tim Jokowi-JK Jangan Ngomong

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf, mengingatkan presiden terpilih Joko Widodo agar dia sendiri yang mengeluarkan pernyataan ke publik terkait rencana-rencana pemerintahan yang dipimpinnya.

Tim Jokowi-JK tidak perlu mengeluarkan statemen ke publik terkait persoalan strategis, namun cukup membahas dan mengkajinya secara internal.

"Di saat yang sama, Jokowi juga harus menegaskan, pernyataan apapun yang keluar bukan dari dirinya, bukanlah pernyataan resmi. Harus larang juga timnya keluarkan pernyataan kebijakan," kata Asep Warlan Yusuf, kepada RMOL (grup JPNN), Rabu (1/10).

Saran Asep ini terkait dengan pernyataan Jokowi dan Luhut Panjaitan yang bertolak belakang.

Luhut mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi-JK sudah pasti akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada November mendatang. Sementara Jokowi menegaskan bahwa rencana menaikkan harga BMM masih dalam perhitungan timnya.

Asep mencatat, bukan kali ini saja tim Jokowi-JK mengeluarkan pernyataan yang simpamng siur. Misalnya dalam persoalan APBN Perubahan, maupun dalam tekad mau memberantas migas dan membubarkan trader migas.

"Jokowi harus berani mengatakan, kalau bukan dari dia, informasi itu salah. Ini agar tak ada simpang siur lagi, yang akan membuat persepsi rakyat, tim Jokowi-JK memang tak solid," demikian Asep. (ysa/sam/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf, mengingatkan presiden terpilih Joko Widodo agar dia sendiri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News