FPD: PDIP Jangan Malu Ikut Kita

FPD: PDIP Jangan Malu Ikut Kita
FPD: PDIP Jangan Malu Ikut Kita

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrat (PD), Khatibul Umam Wiranu mengatakan PDI Perjuangan harus mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang RUU Pilkada, yang akan mengatur soal pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota secara langsung dengan 10 syarat perbaikan.

Hal ini disampaikan Khatibul Umam saat ditemui di sela-sela pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (1/10). Menurutnya, Perppu itu untuk menunjukkan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Partai Demokrat serius memperjuangkan Pilkada langsung dengan perbaikan total.

"Jangan kayak PDIP, begitu kita mau walk out baru mendukung. 10 Syarat akan masuk dalam deskripsi Perppu Pilkada langsung. PDIP, PKB, Nasdem dan Hanura di luar akal kalau tidak mendukung," kata Khatibul.

Dituturkannya, Perppu memang harus mendapat persetujuan DPR dan Fraksi PD bertekad memperjuangkan itu. Untuk antisipasi seandainya persetujuan Perppu harus diambil lewat voting, FPD juga akan menggalang dukungan baik dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dipimpin PDIP, maupun Koalisi Merah Putih yang digawangi partai Golkar.

Bahkan, Khatibul menantang PDIP bersama KIH-nya ikut memperjuangkan agar Perppu tersebut disetujui DPR menjadi undang-undang. PDIP juga tidak perlu ikut bernegosiasi meloloskan Perppu tersebut karena politik itu take and give, yang gak mungkin bisa jadi mungkin.

"Logikanya (PDIP) tidak boleh menolak, yang penting sama-sama mendukung Pilkada langsung. Jangan malu dia ikut kita, kalau kita gagasannya benar dan solusinya tepat. Kalau gengsi gak akan bermanfaat," jelasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrat (PD), Khatibul Umam Wiranu mengatakan PDI Perjuangan harus mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News