Minta Penyandang Tunanetra Lulusan SMA Diakomodir jadi CPNS

Minta Penyandang Tunanetra Lulusan SMA Diakomodir jadi CPNS
Kalangan disabel yang tergabung dalam Forum Sukuwan Tunanetra saat mendatangi Pos Layanan Informasi Seleksi CPNS KemenPAN-RBdi Jakarta, Rabu (1/10). Foto: Mesya M/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kalangan disabel yang tergabung dalam Forum Sukuwan Tunanetra ramai-ramai mendatangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di Jakarta, Rabu (1/10). Mereka meminta pemerintah mengakomodir kaum tunanetra lulusan SMA agar dimasukkan dalam formasi khusus calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Menurut Ketua Forum Sukuwan Tunanetra, Tatang, kalangan tunanetra rata-rata hanya lulusan SMA. Karenanya, sebaiknya pemerintah memberi perhatian khusus terhadap kalangan tunanetra yang melamar jadi CPNS.

“Jarang yang lulusan S1. Beda dengan tunadaksa, banyak yang S1 bahkan S3. Karena itu kami mohon pemerintah mempertimbangkan lulusan SMA bisa masuk formasi khusus," kata Tatang saat ditemui di Pos Layanan Informasi Seleksi CPNS KemenPAN-RB.

Dia menambahkan, formasi khusus penyandang disabilitas yang hanya 300 orang sangat menyulitkan bagi penyandang tunanetra. Sebab, mayoritas dari mereka memang hanya lulusan SMA.

"Tolong kami yang lulusan SMA diakomodir. Kami hanya berharap di pusat karena di daerah tidak menyediakan formasi bagi kami yang cacat," harapnya.(esy/jpnn)

 


JAKARTA - Kalangan disabel yang tergabung dalam Forum Sukuwan Tunanetra ramai-ramai mendatangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News