Malaysia Tolak Kembalikan Medali Emas Wushu

Malaysia Tolak Kembalikan Medali Emas Wushu
Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni (kiri), Tai Cheau Xuen dan Hong Wei, usai pengalungan medali. Foto: Bay Ismoyo/AFP

jpnn.com - INCHEON - Malaysia dilaporkan tidak mau mengembalikan medali emas Asian Games XVII/2014 yang disabet atlet wushu-nya, Tai Cheau Xuen. Kepingan emas itu sebelumnya sudah diputuskan pihak Komite Olimpiade Asia (OCA) bukan hak Xuen, menyusul sang atlet gagal lulus tes doping.

Pihak Kontingen Negeri Jiran itu beralasan, sampel urine atlet mereka bisa saja tertukar dengan atlet lain. "Mengapa kami harus mengembalikan medali emas tersebut," sebut perwakilan dari Kontingen Malaysia, Danyal Balagopal, seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (1/10).

"Satu hari ketika urine itu diambil dari Tai (Xuen), ada empat sampel lain yang diletakkan bersamaan. Ada kemungkinan itu tidak sengaja tertukar. Mengapa kami harus mengembalikan medali itu?" tandas Balagopal.

Sebelumnya, dari pernyataan OCA, Xuen disebut positif doping di cabor wushu nomor Nanquan dan Nando putri dalam perlombaan pada Sabtu (20/9) lalu. Otomatis dengan keputusan tersebut, peringkat kedua yang ditempati Juwita Niza Wasni (Indonesia) naik menjadi peraih emas. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan keputusan resmi dari OCA usai penolakan dari kubu Malaysia. (adk/jpnn)


INCHEON - Malaysia dilaporkan tidak mau mengembalikan medali emas Asian Games XVII/2014 yang disabet atlet wushu-nya, Tai Cheau Xuen. Kepingan emas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News