PDIP Cs Walk Out, KMP Sodorkan Paket Tunggal Pimpinan DPR

PDIP Cs Walk Out, KMP Sodorkan Paket Tunggal Pimpinan DPR
PDIP Cs Walk Out, KMP Sodorkan Paket Tunggal Pimpinan DPR

jpnn.com - JAKARTA - Upaya Koalisi Merah Putih (KMP) untuk menguasai pimpinan parlemen akhirnya tercapai. Itu terjadi setelah Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori PDI Perjuangan, memutuskan hengkang atau walk out dari paripurna DPR Kamis (2/1) dini hari dengan agenda penyampaian paket calon pimpinan DPR RI.

Pada paripurna DPR yang dipimpin ketua sementara, Popong Otje Djundjunan itu, enam fraksi anggota KMP, yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menyodorkan paket yang sama.

KMP mengusung Setya Novanto sebagai calon Ketua DPR RI. Sedangkan nama-nama untuk empat posisi Wakil Ketua DPR adalah Agus Hermanto dari FPD, Fadli Zon dari Gerindra, Taufik Kurniawan dari FPAN, serta Fahri Hamzah dari FPKS.

Aksi walk out dari kubu Koalisi Indonesia Hebat pertama kali dilakukan oleh Fraksi PKB. Aksi itu disusul oleh Hanura, PDIP dan terakhir NasDem.

“Mencermati gelagat, kondisi dan situasi yang ada, sudah tidak memungkinkan bagi kami di Fraksi PDI Perjuangan untuk ikut dalam pengambilan keputusan dalam paripurna pemilihan pimpinan DPR ini,” kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo di mimbar paripurna.

Demikian pula dengan Fraksi Partai NasDem yang memutuskan hengkang dari paripurna itu. “Kami memutuskan untuk walk out,” kata Ketua Fraksi Partai NasDem, Victor Laiskodat.(fat/boy/ara/jpnn)


JAKARTA - Upaya Koalisi Merah Putih (KMP) untuk menguasai pimpinan parlemen akhirnya tercapai. Itu terjadi setelah Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News