Demokrat Sudah Gabung, KMP Sulit Dibendung

Demokrat Sudah Gabung, KMP Sulit Dibendung
Demokrat Sudah Gabung, KMP Sulit Dibendung

jpnn.com - JAKARTA -- Posisi Partai Demokrat sudah jelas berada di kubu Koalisi Merah Putih (KMP). Ini ditandai dengan masuknya kader partai berlambang mersi itu, yakni Agus Hermanto, dalam paket pimpinan DPR yang diusung KMP dan terpilih menjadi Wakil Ketua DPR.

"Ini semakin terang, kalau kemarin di paripurna Pilkada masih reman-remang dan sulit dibaca nyata oleh publik, maka dengan menjadi wakil Ketua DPR maka clear posisi Demokrat saat ini," kata Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto, Kamis (2/10).

Karenanya, Heri mengatakan, publik tidak perlu ragu dengan posisi politik Demokrat yang kini sudah jelas.

Menurut Heri, dengan bergabungnya Demokrat, maka posisi KMP semakin kuat dengan komposisi  353 anggota. Namun, kata dia, dua kader Golkar yakni Nusron Wahid dan Agus Gumiwang Kartasasmita yang selalu berbeda sikapnya dengan fraksi, bisa saja tidak dihitung sehingga menjadi 351 anggota.

"Dengan fakta politik ini,  posisi KMP di DPR sudah tidak terbendung lagi. Ini merupakan tantangan berat bagi pemerintahan Jokowi-JK ke depan," papar pengamat politik dari Universitas Mercu Buana ini. (boy/jpnn)

 


JAKARTA -- Posisi Partai Demokrat sudah jelas berada di kubu Koalisi Merah Putih (KMP). Ini ditandai dengan masuknya kader partai berlambang mersi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News