Ini Janji 8 Calon Pimpinan DPD

Ini Janji 8 Calon Pimpinan DPD
Ini Janji 8 Calon Pimpinan DPD

jpnn.com - JAKARTA - Setelah ditetapkan sebagai bakal calon pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melalui sidang paripurna DPD, delapan kandidat diharuskan menyampaikan visi dan misinya dalam paripurna DPD, yang dipimpin oleh Mudaffar Sjah, Kamis (2/10), di Gedung Nusantara V, komplek Parlemen, Senayan Jakarta.

Kandidat pimpinan DPD yang juga petahana Ketua DPD asal Sumatera Barat, Irman Gusman menyatakan jika dia kembali dipilih memimpin DPD, seluruh waktu yang akan dia berikan untuk kemajuan DPD.
"Satu hari itu 24 jam. Maka semua waktu yang ada akan saya gunakan untuk memajukan DPD," janjinya.

Sementara calon pimpinan DPD dari Kalimantan Barat Oesman Sapta Odang (OSO) mengungkap "5S" sebagai moto hidupnya selama ini.

Salah satu dari "5S" itu adalah strategi. "Kalau memimpin itu menggunakan strategi, maka kepemimpinan akan berjalan efektif. Begitu juga, sidang paripurna ini, kalu dipimpin dengan sebuah strategi, pasti cepat tuntasnya," ujar OSO.

Sedangan calon pimpinan DPD dari Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan DPD harus lebih baik ke depan dan mampu kerjasama dengan lembaga negara lainnya.

"Bagaimana DPD optimal kalau komunikasi politiknya dengan DPR tidak bagus. Begitu juga hubungan dengan konstituen daerah. Sepuluh tahun terakhir, belum pernah ada evaluasi bagaimana hubungan DPD dengan daerah dalam rangka pemperjuangan aspirasi daerah," ujarnya.

Kandidat lainnya, Farouk Muhammad senator dari Nusa Tenggara Barat menegaskan maju sebagai pimpinan DPD karena ingin memperkuat kewenangan DPD melalui amandemen konstitusi.

"Saya kira, sudah cukup bagi saya untuk mempelajari DPD. Kini tiba waktunya untuk maju sebagai calon pimpinan DPD. Kalau terpilih, saya tidak akan duduk diam di lantai 8 Nusantara III. saya akan habiskan waktu untuk membangun komunikasi itu dengan semua pihak," janjinya.

JAKARTA - Setelah ditetapkan sebagai bakal calon pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melalui sidang paripurna DPD, delapan kandidat diharuskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News