Mega Kaku, PDIP-Jokowi Harus Cari Sosok seperti Taufiq Kiemas

Mega Kaku, PDIP-Jokowi Harus Cari Sosok seperti Taufiq Kiemas
Megawati Soekarnoputri dan Jokowi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -  Agar pemerintahannya tidak terus digebuk DPR, Jokowi harus segera punya operator politik yang tangguh. Operator ini bertugas untuk menjembatani komunikasi politik dengan para anggota parlemen.

"Secara figur, Jokowi memang di hati rakyat. Tapi secaraa riil politik, Jokowi saat ini kalah oleh elit-elit. Makanya, Jokowi harus punya operator politik yang andal, agar tidak selalu kalah dalam voting di DPR," ujar pemeliti Lingkaran Survei Indonesia Adjie Arfaraby di Jakarta, Kamis (2/10).

Saat ini, kata Adjie, Jokowi dan PDIP hanya terpaku pada sosok Megawati. Segala komunikasi politik selalu bertumpu ke Mega.

Dengan gaya komunikasi yang agak kaku, banyak komunikasi politik yang gagal. Buktinya, dalam tiga kali pertarungan voting di DPR, kubu Jokowi dan PDIP kalah.

"Dulu, PDIP punya Pak Taufiq Kiemas yang mampu berkomunikasi dengan lintas partai. Luwes dan bisa diterima semua pihak. Nah, sekarang sosok seperti ini tidak ada," ucapnya.

Karena itu, kata Adjie, Jokowi harus segera mencari figur seperti Taufiq Kiemas. Adjie tidak menyebutkan nama. Dia hanya menyebut tiga kriteria untuk operator politik itu.

Kriterianya tokoh senior yang bisa diterima semua partai, yang bisa didengar Mega, dan yang mampu berkomunikasi dengan baik.

"Saya tidak tahu orangnya siapa. Tapi Jokowi harus punya sosok seperti ini. Pasalnya, DPR kan sudah oposisi terus, tanpa ada operator politik ini, Jokowi akan terus digebukin," tandasnya. (uja/RMOL)

JAKARTA -  Agar pemerintahannya tidak terus digebuk DPR, Jokowi harus segera punya operator politik yang tangguh. Operator ini bertugas untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News