Kasus Gubernur Riau, KPK Cegah Wiraswasta

Kasus Gubernur Riau, KPK Cegah Wiraswasta
Kasus Gubernur Riau, KPK Cegah Wiraswasta

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan permintaan cegah terhadap Edison Marudut (Wiraswasta) kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM).

Pengajuan ini terkait dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan Riau tahun 2014 kepada Kementerian Kehutanan yang menjerat Gubernur Riau Annas Maamun dan pengusaha Gulat Manurung.

"Terkait dengan penanganan perkara dugaan tindak pidana korupsi AM (Annas Maamun) dan GM (Gulat Manurung), KPK telah melayangkan permintaan cegah ke Imigrasi atas nama Edison Marudut, Wiraswasta," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantornya, Jakarta, Kamis (2/10).

Johan mengungkapkan pencegahan itu berlaku sejak tanggal 26 September 2014. Pencegahan itu, sambung dia, berlaku untuk enam bulan ke depan. "Adapun tujuan pencegahan agar ketika diperlukan keterangannya, yang bersangkutan sedang tidak berada di luar negeri," tandas Johan.

Dalam kasus itu, Annas disangka ‎sebagai penerima suap dengan sangkaan Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sedangkan Gulat disangka sebagai pemberi suap dengan sangkaan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

KPK berhasil mengamankan alat bukti berupa uang yang terdiri dari SGD 156 ribu dan Rp 500 juta. Kalau dikurskan ke rupiah nilainya Rp 2 miliar.

Uang itu disebut diberikan oleh Gulat kepada Annas terkait dengan proses alih fungsi hutan. Gulat memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 140 hektar yang masuk dalam Hutan Tanaman Industri di Kabupaten Kuantan Singingi‎, Provinsi Riau. Ia ingin lahannya dipindah ke Area Peruntukan Lainnya.

Selain terkait peralihan lahan, tujuan pemberian uang tersebut sebagai ijon proyek di Provinsi Riau. Sebab pada saat penangkapan, KPK mendapatkan daftar beberapa proyek yang mungkin nantinya akan dilaksanakan di Provinsi Riau.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan permintaan cegah terhadap Edison Marudut (Wiraswasta) kepada Direktorat Jenderal Imigrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News