Pemberitahuan Penangguhan Pelantikan Idham Hanya Lewat SMS

Pemberitahuan Penangguhan Pelantikan Idham Hanya Lewat SMS
Pemberitahuan Penangguhan Pelantikan Idham Hanya Lewat SMS

jpnn.com - JOGJA – Dari 560 anggota DPR terpilih hasil Pemilu Legislatif 2014, hanya 555 saja yang resmi dilantik kemarin (1/10). Sebab, ada 5 anggota DPR terpilih yang ditangguhkan pelantikannya karena menjadi tersangka korupsi.

Satu dari 5 anggota DPR terpilih yang ditangguhkan pelantikannya itu adalah politisi PDI Perjuangan Idham Samawi yang melaju ke Senayan dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Padahal, Idham sudah siap-siap dilantik. Mantan Bupati Bantul itu juga sudah berada di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, bersama ratusan anggota DPR terpilih lainnya yang menanti dilantik.

Idham baru mengetahui dirinya tak jadi dilantik sebagai wakil rakyat sekitar 9,5 jam sebelum pelantikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono di gedung DPR RI. Pemberitahuan penangguhan pelantikan itupun hanya melalui pesan singkat (SMS). “Dini hari tadi (kemarin pagi, red) pukul 00.30 lewat SMS penghubung partai di KPU,” kata Idham seperti dikutip Radar Jogja.

Tersangka kasus korupsi dana bantuan untuk klub sepakbola Persiba Bantul itu menceritakan saat menerima pesan singkat berisi penangguhan pelantikan itu.  “Saya dapat informasi penangguhan ini dari Ketua DPP PDIP Bidang Hukum Trimedia Panjaitan melalui telepon,” terang Idham.

Idham menuturkan, dirinya sebenarnya sudah merasa bakal ditangguhkan pelantikannya saat mengikuti acara gladi bersih. Dalam gladi bersih pelantikan, Idham tak ikut bersama wakil rakyat terpilih lain. “Karena ada polemik itu, saya putuskan ndak ikut,” katanya.

Atas keputusan KPU itu, Idham pun menurutinya. ”Setelah diputuskan ditunda, ya sebagai warga negara yang baik saya menuruti,” akunya.

Ia juga menolak untuk mengambil langkah hukum atas penangguhan tersebut. Suami Bupati Bantul Sri Surya Widati ini memilih untuk menyerahkan tindak lanjut atas keputusan tersebut kepada partai pengusungnya, PDI Perjuangan. “Semuanya saya serahkan sepenuhnya kepada partai,” tandas Idham.(jpnn)


JOGJA – Dari 560 anggota DPR terpilih hasil Pemilu Legislatif 2014, hanya 555 saja yang resmi dilantik kemarin (1/10). Sebab, ada 5 anggota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News