Tiongkok Jawara AG 2014, Indonesia Cuma Nomor 17

Tiongkok Jawara AG 2014, Indonesia Cuma Nomor 17
Kontingen Indonesia gagal penuhi target di Asian Games 2014. Foto: ist

jpnn.com - INCHEON - Perhelatan Asian Games (AG) XVII/2014 yang digelar di Incheon, Korea Selatan, bakal segera ditutup Minggu (5/10) dini hari nanti. Namun seluruh nomor telah tuntas, alias 439 emas yang tersedia sudah dilepas ke atlet-atlet terbaik di Benua Kuning ini.

Kontingen Tiongkok berhasil menjadi juara, dan ini merupakan torehan ke sembilan kali berturut-turut. Di Incheon, Tiongkok mendulang 151 emas, 108 perak, dan 83 perunggu. Tuan rumah Korsel yang berada di peringkat kedua hanya mengumpulkan 79 emas, 71 perak dan 84 perunggu.

Dimana Indonesia? Kontingen Merah Putih yang membidik 9 medali emas dan ingin menembus 10 Besar sebagai target awal, hanya mampu berada di peringkat 17 dari 45 peserta. Indonesia membukukan 4 emas, 5 perak dan 11 perunggu. Jumlah 4 emas ini memang sama dengan yang diperoleh saat Asian Games Guangzhou 2010. Namun di AG XVI itu, Merah Putih berada di peringkat 15.

Di pergaulan sesama negara Asia Tenggara, Indonesia juga tak bagus. Posisi Indonesia pun jauh tertinggal dibandingkan Thailand yang bisa menembus posisi enam (12 emas, 7 perak, dan 28 perunggu). Ironisnya, Indonesia kalah satu strip dari negeri kecil Mongolia yang ada di posisi 16 dengan 5 emas, 4 perak, dan 12 perunggu.

Asian Games berikutnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 2018 mendatang. Jakarta dan Palembang, bahkan hingga Bandung disebut bakal menjadi kota penyelenggara. (adk/jpnn)

Daftar Peraih Medali Indonesia di Asian Games 2014

Emas
Maria Natalia Londa (atletik, lompat jauh)
Hendra Setiawan/M.Ahsan (bulutangkis, ganda putra)
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (bulutangkis, ganda putri)
Juwita Niza Wasni (wushu, nanquan dan nandao)

Perak
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (bulutangkis, ganda campuran)
Fidelys Lolobua (karate, kata peroragan)
Edi Kusdaryanto (sof tenis, tunggal putra)
Sri Wahyuni Agustiani (angkat besi, 48kg putri)
Lindswell (wushu, taijiquan dan taijijian)

INCHEON - Perhelatan Asian Games (AG) XVII/2014 yang digelar di Incheon, Korea Selatan, bakal segera ditutup Minggu (5/10) dini hari nanti. Namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News