Tapera Itu Penting untuk Masyarakat

Tapera Itu Penting untuk Masyarakat
Tapera Itu Penting untuk Masyarakat

jpnn.com - BATAM  - Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) batal disahkan di rapat paripurna DPR RI, Senin (29/9) lalu. Batalnya pengesahan RUU Tapera itu mendapat tanggapan dari Real Estate Indonesia (REI).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) REI, Eddy Hussy mengemukakan bahwa Tapera itu penting bagi masyarakat. Dana murah yang berasal dari Tapera itu diperlukan untuk membangun perumahan bagi masyarakat.
   
"Sudah ada usulan dari pemerintah untuk membahas RUU Tapera. Walaupun RUU Tapera itu tidak disahkan, ya tidak apa-apa. Persiapan mungkin belum lengkap sehingga ditunda," ujar Eddy Hussy kepada Batam Pos (Grup JPNN).
   
Mantan ketua DPD REI Khusus Batam itu menambahkan ke depan, pemerintah kemungkinan punya kesempatan lagi untuk membahas RUU Tapera tersebut. Eddy mengaku REI membuat kajian untuk membantu pemerintah. Kajian REI itu sekaligus  masukan kepada pemerintah.
   
Apalagi, tidak seperti jenis tabungan lain yang sudah hadir, tabungan perumahan di Indonesia justru belum ada. Sementara, dana yang diperlukan untuk membangun perumahan relatif besar. Untuk mengantisipasi kebutuhan dana itu, maka perlu dana murah yang sumbernya berasal dari Tapera.
   
"Jika Tapera bisa terwujud, maka dana yang terkumpul dalam setahun bisa mencapai Rp20 triliun bisa dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," cetus Eddy.
 
Sekadar diketahui bahwa RUU Tapera batal disahkan di paripurna DPR. Sejatinya, pembahasan Rancangan Undang Undang Tabungan Perumahan Rakyat masuk dalam agenda pengesahan di rapat paripurna DPR, Senin (29/9/2013).

Melalui pembahasan dalam rapat panitia khusus yang digelar sebelumnya, pemerintah meminta pembahasan ditunda dan dilanjutkan pada masa pemerintahan periode selanjutnya. (hda)


BATAM  - Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) batal disahkan di rapat paripurna DPR RI, Senin (29/9) lalu. Batalnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News