Patung Gajah Putih untuk Corat-coret

Patung Gajah Putih untuk Corat-coret
Patung Gajah Putih untuk Corat-coret

jpnn.com - JOGJA - Memperingati ulang tahun ke-258 Kota Jogja, berbagai kegiatan diadakan di kota ini. Salah satunya dengan menggelar Jogja Out Door Sculputer Exhibition 2014 di sepanjang Jalan Malioboro.

Total ada 13 karya seniman dengan berbagai bentuk yang terpajang Pembukaan Jogja Out Door Sculputer Exhibiton 2014 dila-kukan oleh Wali Kota Jogja Ha-ryadi Suyuti (HS) di Titik Nol Kilometer, kemarin (4/10).

Pembukaan ditandai dengan menu-liskan pesan “Jagalah Kebersihan Kota Jogja“ di telinga kanan pa-tung gajah karya seniman Dunadi. Karya seni yang diberi tema “Bertautan” tersebut terdiri atas tiga gajah putih berukuran besar, sedang dan kecil. Patung yang terbuat dari bahan fiber glass itu dipersilakan untuk dicorat-coret oleh masyarakat sebagai ekspresi warga Jogja.

"Saya serahkan karya ini biar dicorat-coret, kesan-kesan, maupun tanda tangan. Harapannya dalam setahun bisa mengum-pulkna ribuan tanda tangan dan menjadi suatu kenangan di Jogja," ujar Dunadi, seperti dilansir Radar Jogja (JPNN Grup).

Setelah HS, diikuti Ketua DPRD Kota Jogja Sujanarko yang menuliskan pesan “Dirgahayu Jogja Sukses Selalu”. HS dalam sambutannya menegaskan, seni merupakan ke-kuatan yang maha sakti dan ciptaan yang maha suci. Kehadiran karya seni di sepanjang Malioboro diharapkan bisa mem-perindah kawasan yang men-jadi ikon Kota Jogja ini.

"Melalui seni rupa dapat dise-barkan semangat persatuan dan kebersamaan bangsa, serta ke-cintaan terhadap budaya dan adat lokal," ujarnya.

Karya-karya seni yang terpasang diharapkan juga bisa dijaga kebersihannya. Dengan demikian bisa dilihat, dinikmati baik oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja maupun masyarakat Jogja sendiri.

"Untuk ekspresi sudah disediakan di patung gajah ini, jadi jangan corat-coret di karya lain, termasuk di tembok," pesannya.

JOGJA - Memperingati ulang tahun ke-258 Kota Jogja, berbagai kegiatan diadakan di kota ini. Salah satunya dengan menggelar Jogja Out Door Sculputer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News