Jadikan Tinta Cumi Pengawet dan Penggurih Ikan

Jadikan Tinta Cumi Pengawet dan Penggurih Ikan
Jadikan Tinta Cumi Pengawet dan Penggurih Ikan
SURABAYA - Hitam kebiruan tinta cumi-cumi ternyata tidak cuma gurih untuk dinikmati. Selain rasanya yang nikmat, tinta cumi memiliki manfaat lain. Yaitu, mengawetkan ikan. Tidak perlu dikulkas atau pakai es batu.

Dua siswi SMPN 33 Surabaya telah mencobanya. Mereka adalah Adinda Indira Diva Rahmadanti dan Nadya Gusdiana. ''Kami ingin ibu-ibu tidak pakai boraks atau formalin. Kasihan anak-anak kalau pakai pengawet untuk makanan mereka,'' kata Adinda.

Menurut dia, tinta cumi mengandung asam linolenat yang mampu menghambat pertumbuhan bakterivibrio algynoliticus. Bakteri itu memicu pembusukan. ''Dengan tinta cumi, ikan atau daging bisa awet dua sampai tiga hari. Enggak perlu dibekukan atau dikasi es,'' ujar Adinda.

Mereka lebih dulu mengekstrak tinta cumi menjadi cairan yang disebut supernatan. Cairan tersebut berisi protein dan air. Supernatan lantas digunakan untuk merendam ikan. Hasilnya, ikan yang direndam tinta tetap segar hingga dua hari. ''Ikan yang tidak direndam warnanya berubah jadi putih dan berbau,'' jelas gadis kelahiran 6 Februari 2001 tersebut.

Selain mengawetkan, perendaman dengan tinta cumi membawa keuntungan lain. Yaitu, rasa daging ikan jadi lebih nikmat. Ikan lebih gurih dengan tambahan asam lemak tidak jenuh dari cumi. ''Berguna sekali pas kehabisan bumbu,'' ucap Adinda. (rim/c15/roz)


SURABAYA - Hitam kebiruan tinta cumi-cumi ternyata tidak cuma gurih untuk dinikmati. Selain rasanya yang nikmat, tinta cumi memiliki manfaat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News