Verifikasi Berkas Pelamar CPNS Belum Rampung, TKD Ditunda

Verifikasi Berkas Pelamar CPNS Belum Rampung, TKD Ditunda
Verifikasi Berkas Pelamar CPNS Belum Rampung, TKD Ditunda

jpnn.com - KENDARI - Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali ditunda. Pasalnya hingga waktu yang ditentukan, Panselda belum merampungkan data untuk diinput melalui website Panselnas. Hal ini disebabkan proses verifikasi berkas di beberapa kabupaten yang belum rampung. Karena itu, Kementerian PAN-RB menunda pelaksanaan seleksi TKD hingga 16 Oktober.

"Panselda baru saja menerima surat dari Kementerian PAN-RB nomor B/3751/M.PAN-RB/10-2014. Dalam surat tertanggal 8 Oktober isinya meminta panselda untuk menunda pelaksanaan TKD hingga tanggal 16 Oktober. Alasannya, data yang masuk untuk diverifikasi melalui situs sscn.go.id belum semuanya terinput," beber Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Hj Nur Endang Abbas via ponsel kemarin.

Dari 7 Pemda terkecuali Konawe Selatan (Konsel), 4 kabupaten belum menuntaskan proses verifikasinya. Seperti Konawe Kepulauan (Konkep), Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim) dan Muna. Sementara Kendari, Konawe Utara (Konut) proses pembagian kartu tes sudah hampir rampung, namun proses pengimputan data belum seluruhnya. Hanya di Pemprov yang tahapannya sudah tuntas. Namun karena pelaksanaannya sama-sama menggunakan aplikasi UKG, maka Panselnas menunda pelaksanaannya.

Panselnas memberim waktu bagi daerah menginput data ke panselnas. Pengunduran jadwal TKD, kata mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Sultra ini, bukan hanya di Sultra. Namun juga di beberapa provinsi yang pelaksanaan TKD-nya mulai tanggal 10-12 Oktober. Persoalannya masih sama dikarenakan proses verifikasi dan penginputan data melalui website Panselnas yang belum tuntas.

Pertimbangan lainnya, Panselnas lagi disibukkan jadwal pelaksanaan TKD yang padat. Sebab waktu yang bersamaan, sebagian besar kementerian juga tengah menggelar tes.

"Peserta yang dinyatakan lulus berkas akan diverifikasi ulang oleh Panselnas. Hanya saja, waktu yang diberikan terbatas. Jika sampai tanggal 16 Oktober belum tuntas, maka Panselnas memberikan toleransi pada Pemda yang sudah siap menggelar TKD. Sementara yang belum tinggal menyesuaikan atau dilaksanakan setelah semuanya sudah tuntas," jelas mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini.

Guna memanfaatkan waktu tersisa, BKD Sultra akan melakukan uji coba. Rencananya, proses pelaksanaanya akan dilakukan di 4 lokasi, yaitu SMAN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMPN 5 dan dua ruangan di SMKN 1 Kendari. Pelaksanaan uji coba ini akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Oktober.

Selain untuk memastikan perangkat yang akan digunakan benar-benar sudah siap, juga untuk mempermudah calon peserta mengenal sistem CAT.(mal)


KENDARI - Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali ditunda. Pasalnya hingga waktu yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News