Game Komputer Obati Depresi Lansia

Game Komputer Obati Depresi Lansia
Game Komputer Obati Depresi Lansia. Foto: IST

jpnn.com - BERBICARA tentang game pasti yang ada di setiap benak orang adalah aktivitas yang merugikan, dimana game dapat membuat gamer ketagihan dan membawa dampak negatif bagi kehidupannya. Seperti prestasi belajar menurun, jadi pemalas dan banyak lagi. Tapi ternyata ada juga dampak positifnya.

Sebuah studi menemukan bahwa permainan komputer dapat membantu mengobati lansia yang mengalami depresi dimana obat antidepresan belum tentu mampu mengobati depresi yang diderita para lansia ini.

Dalam sebuah studi dari 11 pasien lansia, para peneliti menemukan bahwa bermain game komputer tertentu ternyata sama efektif dalam mengurangi gejala depresi. Selain itu, pasien yang memainkan game komputer, depresi yang mereka derita berkurang hanya dalan kurun waktu empat minggu dibandingkan dengan para lansia yang rutin mengkonsumsi obat antidepresan.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa terapi komputerisasi juga dapat membantu mengobati orang dengan gangguan otak lainnya, para ilmuwan menambahkan.

"Depresi merupakan suatu penyakit yang serius dan kadang-kadang penyakit ini dapat mengancam jiwa," kata penulis utama studi Sarah Shizuko Morimoto, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (9/10).

Terapi Komputer ini dapat digunakan dengan sendirinya atau bersama dengan obat antidepresan. (fny/jpnn)

 


BERBICARA tentang game pasti yang ada di setiap benak orang adalah aktivitas yang merugikan, dimana game dapat membuat gamer ketagihan dan membawa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News