Ucapan Xanana Gusmao Dipelintir Dinilai Pelintiran

Ucapan Xanana Gusmao Dipelintir Dinilai Pelintiran
Ucapan Xanana Gusmao Dipelintir Dinilai Pelintiran

jpnn.com - JAKARTA - Kehadiran Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dalam peringatan hari ulang tahun TNI beberapa waktu lalu cukup mengundang polemik. Lantaran, segelintir media massa menulis Xanana berniat kembali bergabung dengan Indonesia.

Namun, dari penelusuran, diketahui bahwa ada kesalahan dalam mengartikan bahasa oleh salah seorang wartawan media online. Dari hasil rekaman, didapati bahwa yang mewawancarai Xanana pun wartawan televisi nasional.

Pemerintah Timor Leste dan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin juga meluruskan pemberitaan yang ada. Intinya, Xanana tidak sepatah kata pun menyebut ingin kembali ke Indonesia.

"Ya, artinya pada pokok Xanana yang menjadi sumber. Kalau dia mengatakan tidak benar maka itu jelas dipelintir," ujar praktisi pers Leo Batubara ketika dihubungi wartawan, Jumat malam (10/10).

Dia menyayangkan, keteledoran yang dilakukan oknum wartawan. Seharusnya, prinsip cek dan ricek dijalankan wartawan maupun media yang menayangkan pemberitaan tersebut.

"Artinya, sumber berita yang memberitakan itu keliru menangkap berita. Mestinya harus mengecek kepada yang bersangkutan," kata Leo.

Menurutnya, ketika hal itu menjadi persolan harus dibawa ke Dewan Pers. Dengan tujuan agar mengetahui asal muasal berita yang didapat. Lantaran, patut diduga pula adanya unsur kesengajaan.

"Ya, artinya media bisa dibawa ke Dewan Pers. Di situ dilihat dari mana dia dapat berita tersebut karena itu sudah melanggar kode etik. Jadi, si media itu harus diverifikasi, kebenaran itu logis apa tidak," tegas Leo yang juga mantan wakil ketua Dewan Pers.

JAKARTA - Kehadiran Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dalam peringatan hari ulang tahun TNI beberapa waktu lalu cukup mengundang polemik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News